telkomsel halo

4 Startup yang dapat hibah dari FedEx, ada dari Indonesia

12:22:00 | 01 Dec 2022
4 Startup yang dapat hibah dari FedEx, ada dari Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) -- FedEx Express mengumumkan pemenang dari Small Business Grant Contest (SBGC)TM 2022 di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA). Selain itu, tiga perusahaan lainnya mendapat penghargaan Special Mention. 

Empat perusahaan dari India, Indonesia, Tiongkok, dan Singapura menerima hadiah  dengan total nilai US$69.000 atau kurang lebih Rp 1 Miliar. 

Tahun ini  adalah tahun kedua kolaborasi FedEx dengan Forbes Asia untuk mengidentifikasi perusahaan startup yang sedang berkembang dari daftar Forbes Asia 100 to Watch list. Rangkaian juri dari FedEx dan Forbes Asia telah memilih beberapa perusahaan startup dan UKM yang unggul dari lintas industri di masing-masing wilayah. Empat perusahaan ini sangat menunjukan visi mereka yang luar biasa dan ide bisnis yang terukur.  
 
Pemenang yang menerima hadiah utama sebesar USD 30.000 adalah: 
India: Chirag Taneja, Co-founder dan CEO, GoKwik – sebuah e-commerce yang memiliki misi untuk membantu  brand  terhubung ke konsumen dan marketplace secara langsung, sehingga dapat meningkatkan penjualan melalui teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Machine Learning. 

Sedangkan tiga perusahaan startup yang mendapatkan Special Mention dan masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar USD 13.000 adalah: 
   
Indonesia: Tiger Fang, Co-founder dan CEO, Kargo Technologies –platform logistik yang menghubungkan pengirim dengan pemilik truk guna mengurangi biaya logistik dengan menghilangkan perantara serta menurunkan perjalanan kosong. 

China: Hsu Po-Lin, Founder dan CEO, magAssist – sebuah perusahaan MedTech yang mengembangkan alat pendukung sistem peredaran darah pada kasus gagal jantung akut/berat dan gagal paru-paru. 
Singapura: Gillian Tee, Founder dan CEO, Homage – platform layanan kesehatan yang melayani orang dewasa dan lansia, menghubungkan rumah tangga dengan pengasuh berlisensi, perawat, terapis, dan dokter.

“Para pebisnis seperti ini membantu membentuk masa depan. Dari solusi e-commerce yang didukung AI hingga membantu pasien mengelola kondisi jantung, perusahaan yang menjadi pemenang menunjukkan bagaimana transformasi digital menciptakan kemungkinan dan memengaruhi kehidupan,” kata Kawal Preet, presiden wilayah Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika (AMEA) di FedEx Ekspres. 

“Sebelumnya, kami telah melihat para pemenang kompetisi membawa bisnis mereka ke tingkat berikutnya dengan bantuan dari FedEx. Itulah yang menjadi semangat FedEx — memberi bisnis kecil sumber daya, alat, dan solusi tepat yang mereka butuhkan, sekaligus tetap menjadi penasihat terpercaya untuk membantu mempercepat bisnis mereka di pasar global," katanya.

“Bisnis kecil memiliki kelincahan dalam berinovasi dan beradaptasi secara cepat terhadap perubahan kebutuhan pelanggan yang tidak dimiliki oleh beberapa perusahaan besar. The Small Business Grant Contest adalah salah satu upaya FedEx memberdayakan bisnis kecil guna memperkuat ide hebat mereka dan menciptakan dampak yang lebih luas. Saya bangga melihat Kargo dari Indonesia, sebuah platform mobile trucking yang menghubungkan konsumen dan bisnis pemilik truk, sebagai salah satu penerima penghargaan tahun ini. Saya tidak sabar untuk melihat bagaimana bantuan ini akan membantu Kargo mengembangkan bisnis mereka lebih jauh lagi,” kata Garrick Thompson, Managing Director, FedEx Express Indonesia.

Pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 2012, FedEx memperluas SBGC ke 31 negara, termasuk Eropa dan Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika (AMEA). (sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year