telkomsel halo

Menkominfo sebut G20 buka peluang bisnis, pendanaan startup lintas negara

10:00:00 | 05 Sep 2022
Menkominfo sebut G20 buka peluang bisnis, pendanaan startup lintas negara
JAKARTA (IndoTelko)  -- Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate yakin jika negara G20 bisa menjembatani perusahaan rintisan lintas negara. Mereka bisa membuka peluang bisnis untuk startup asal Indonesia, termasuk pendanaan.

Salah satu yang diupayakan adalah kegiatan Digital Innovation Network (DIN) Presidensi G20 Indonesia yang menjadi momentum pertemuan bisnis yang tepat bagi pelaku industri digital di Indonesia dan global.

"Rangkaian kegiatan G20 Digital Innovation Network melibatkan 400 partisipan dari 42 venture capital, 55 startup serta sejumlah policymakers, pembuat kebijakan bidang digital dan korporasi yang hadir baik secara fisik maupun secara virtual," tuturnya dalam Konferensi Pers G20 DIN di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Sabtu kemarin.

Menkominfo menjelaskan peserta pertemuan dominan dari pelaku bisnis sektor healthcare dan green renewable energy.  Sementara itu, peserta startup yang hadir rata-rata berada pada tahap pendanaan Seri A atau yang memiliki valuasi sekitar USD15 s.d. 20 Juta.

"Venture capital yang turut terlibat juga memiliki struktur portofolio pendanaan yang kuat di negaranya masing-masing, untuk mendukung proses pendanaan startup secara lintas negara," ujarnya.

Menteri Johnny berharap G20 DIN menjadi upaya Presidensi G20 Indonesia mendorong setiap pelaku industri untuk berkolaborasi mengembangkan ekosistem digital di tengah krisis pandemi.

"Kerja sama antara pelaku industri yang dapat menghasilkan inovasi, guna mendukung pemulihan paska pandemi Covid-19 secara global," ungkapnya.

Menkominfo menegaskan optimisme G20 DIN akan memfasilitasi starup digital startup, venture capital, dan industri terkemuka.

"Kerja sama multistakeholder menjadi melting point bagi para pelaku industri dari beberapa negara, membuka peluang dan momentum bisnis untuk berjejaring dan berkolaborasi," ujarnya. (sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year