telkomsel halo

Komisi I DPR minta pemda dukung transformasi digital

15:45:44 | 16 Feb 2022
Komisi I DPR minta pemda dukung transformasi digital
JAKARTA (IndoTelko) - Komisi I DPR RI meminta pemerintah daerah (Pemda) mendukung dan tak menghambat transformasi digital yang dicanangkan pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi NasDem Muhammad Farhan mengatakan pemda perlu menyelaraskan kebijakan pengadaan jaringan internet dalam melakukan transformasi digital yang digagas Kominfo.

"Di beberapa daerah, kota besar sekalipun (seperti Bandung), inisiatif Pemkot dalam penyediaan pendukung  infrastruktur internet jadi tidak optimal karena tidak sinkron dengan program BAKTI Kominfo," kata Farhan.

Farhan meminta pemerintah pusat maupun pemda rutin melakukan komunikasi dan koordinasi agar program ini berjalan lancar.

Ia mencontohkan dirinya yang menjalin komunikasi antara Pemprov Jabar, termasuk dengan Pemkab/Pemkot di Jabar dengan stakeholders  dan Kominfo untuk membangun pendukung infrastruktur internet dan menguatkan suprastruktur dalam kerangka transformasi digital.

"Minggu 20 Februari di Kabupaten Pangandaran dengan prakarsa kami, Gubernur Jabar akan meresmikan layanan access point internet hasil kerjasama dengan BAKTI Kominfo," ujarnya.

Saat disinggung sejumlah pemda, termasuk Pemkot Surabaya yang membebankan biaya sewa tanah mahal untuk penggelaran kabel telekomunikasi hingga melakukan ancaman, Farhan meminta pemda khususnya kabupaten dan kota melihat peluang transformasi digital nasional ini. Menurutnya, kunci transformasi digital adalah kolaborasi.

"Saya kira pemerintah daerah, khusus kabupaten dan kota, harus lebih mendalami peluang-peluang penyerapan program Kominfo untuk optimalisasi akses Internet di wilayahnya," katanya.

"Lagi pula harga tanah itu akan tidak berdampak ketika satelit Satria 2 mulai berfungsi. Maka berikutnya, harga sewa tanah itu tinggal didorong sebagai penawaran kepada perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang memang fokusnya pada profit," ujar Farhan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year