telkomsel halo

Mitratel tambah 2.580 tenant baru di Menara Telkomsel

06:15:00 | 10 Feb 2022
Mitratel tambah 2.580 tenant baru di Menara Telkomsel
JAKARTA (IndoTelko) -- Mitratel berhasil menambahkan ribuan tenant baru dari hasil akuisisi menara Telkomsel. Ini artinya, Dari 28.200 menara yang dimiliki Mitratel telah ditempati oleh sekitar 42.500 tenant.

Sebelumnya, PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) memang telah melakukan akuisisi menara milik Telkomsel berjumlah total sebesar 10.050 menara. Akuisisi dimaksud dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap selama kurun waktu tahun 2020-2021. 

Menara tersebut sebelumnya hanya dimanfaatkan oleh Telkomsel saja atau dengan kata lain tenancy rationya hanya 1.0x, sehingga berdampak pada penurunan tenancy ratio Menara Mitratel dari 1.6x menjadi 1.5x. Akuisisi Menara dari Telkomsel ke Mitratel selain menambah jumlah kepemilikan Menara juga menciptakan peluang pemanfaatan Menara dimaksud oleh operator lain selain Telkomsel. 

Direktur Investasi MTEL Hendra Purnama mengatakan sampai akhir Januari 2022 Mitratel telah berhasil menambahkan 2.580 tenant baru dari akuisisi Menara milik Telkomsel yang berasal dari Operator Telekomunikasi selain Telkomsel. Penambahan tenant baru tersebut seiring dengan perkembangan operator telekomunikasi yang terus memperkuat dan memperluas jaringannya. 

"Kami akan menawarkan tower-tower hasil akuisisi khususnya dari Telkomsel secara agresif kepada para Operator Telekomunikasi, karena Menara-manara tersebut berada di lokasi yang strategis dan Kami yakin operator akan terus memperkuat jaringannya untuk melayani pelanggan yang semakin luas. Apalagi dengan implementasi teknologi 5G diperkirakan kebutuhan Menara telekoumnikasi akan semakin meningkat. Mitratel juga telah menyiapkan jaringan fiber optic untuk mendukung peningkatan kualitas layanan para operator telekomunikasi di Indonesia” ujar Hendra Purnama. 

Saat ini Mitratel memiliki lebih dari 28.200 menara dengan 42.500 tenant. Jumlah ini termasuk akumulasi dari penambahan akuisisi dan pembangunan tower yang dilakukan Mitratel sampai akhir tahun 2021. Dari 28.200 menara milik Mitratel sebanyak 16.200 menara atau 58% berada di luar Jawa. (TEP)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year