telkomsel halo

NOICE manjakan konten kreator di Surabaya

07:43:08 | 24 Nov 2021
NOICE manjakan konten kreator di Surabaya
SURABAYA (IndoTelko) -  Konten audio digital seperti podcast, radio dan audiobook mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di berbagai kota di Indonesia, salah satunya di Surabaya.

Masyarakat di ibu kota provinsi Jawa Timur ini, khususnya generasi millenial dan Gen-Z, menjadi pendengar setia konten audio yang banyak dijangkau tidak hanya oleh pegiat industri hiburan, melainkan juga pemerintah daerah hingga kepolisian. Sejumlah institusi tersebut aktif memanfaatkan medium podcast sebagai salah satu sarana komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi publik, aspirasi, inspirasi, topik terkini hingga berita. Platform audio streaming lokal, NOICE mencatat Surabaya sebagai urutan ke-2 kota dengan pendengar podcast terbanyak di Indonesia dengan lebih dari 550.000 pengguna hingga saat ini berasal dari kota tersebut.

Sebagai kota metropolitan dan terbesar kedua setelah Jakarta, kota Surabaya memang memiliki magnet tersendiri bagi para penggerak industri kreatif di tanah air. Mulai dari pelukis, musisi, sineas perfilman, influencer, radio announcer hingga podcaster, semua bisa ditemukan di Surabaya. Melihat potensi menjanjikan ini, NOICE, sebagai aplikasi karya anak bangsa, ingin merangkul konten kreator serta insan kreatif di Surabaya untuk bisa berkarya serta turut memajukan industri konten audio di Indonesia.

Berfokus untuk menghadirkan konten bercita rasa lokal hingga hyperlokal, NOICE memberikan dukungan bagi para konten kreator di berbagai daerah untuk berkarya sebagai podcaster dengan menciptakan konten dalam topik yang relevan serta dibawakan dengan dialek khas daerah terkait. Keunikan ini membawa NOICE menjadi platform konten audio streaming dengan jaringan podcast terbesar di Indonesia, yang menyajikan lebih dari 100 konten original dan eksklusif di aplikasi NOICE.

“Podcast dan konten audio menjadi populer karena produksinya yang mudah, tidak memerlukan peralatan rumit, serta menjadi pilihan bagi mereka yang masih malu untuk tampil di depan layar. Selain itu, podcast juga bisa dinikmati secara fleksibel sambil multi-tasking, saat sedang berkendara, bekerja, belajar, melakukan pekerjaan rumah, serta kegiatan lainnya tanpa perlu melihat layar atau yang kita sebut sebagai screenless moment. Dengan berbagai kemudahan ini, kami ingin bisa merangkul lebih banyak lagi konten kreator di Surabaya untuk bisa sukses berkarya di industri konten audio dengan membuat podcast di NOICE. Mereka bisa membangun komunitasnya dan menjangkau audiens atau pendengar yang lebih luas tidak hanya di Surabaya saja, tapi hingga ke seluruh Indonesia,” kata Chief Business Officer (CBO) NOICE, Niken Sasmaya.

Selain podcaster, NOICE juga merangkul radio-radio di berbagai daerah untuk dapat bergabung memperkaya konten audio di aplikasi NOICE. Para konten kreator juga dapat memanfaatkan NOICE Live sebagai fitur live audio terbaru dari NOICE dalam membangun komunitas pendengar mereka dengan cara yang berbeda. Di NOICE Live, kreator bisa berinteraksi langsung dengan pendengar melalui kolom komentar dan bahkan bisa diangkat sebagai pembicara dan mengobrol langsung dengan kreator favorit. Fitur NOICE Live telah digunakan oleh banyak public figure untuk lebih berinteraksi langsung dan menjalin kedekatan erat dengan komunitas dan fans-nya.

VP of Content, NOICE, Thomas Raditya menambahkan sebagai perusahaan karya anak bangsa, NOICE berbeda dengan platform konten audio lainnya, karena kami sangat memahami karakteristik konten yang disukai dan sesuai dengan selera masyarakat Indonesia, terutama anak mudanya. “Untuk itu, kami yakin dengan mengangkat konten bercita rasa lokal dengan cerita di berbagai daerah yang khas tentu akan menumbuhkan ketertarikan dan loyalitas mendalam para pendengar terhadap konten dan podcaster yang mereka sukai. Ditambah lagi dengan genre yang beragam dari mulai komedi, horror, parenting, hobi, religi, dan banyak lainnya, akan semakin memberikan banyak opsi alternatif konten yang bisa didengarkan oleh Paranoice (sebutan bagi pendengar setia NOICE),” katanya.

NOICE memberikan berbagai dukungan bagi para konten kreator dan podcaster untuk dapat memaksimalkan potensinya. Dukungan tersebut berupa fasilitas studio dengan tim produksi untuk memberikan kemudahan bagi para kreator untuk membuat podcast originalnya di NOICE. Tidak hanya itu, NOICE juga memberikan dukungan berupa teknologi aplikasi dan fitur yang mumpuni untuk meningkatkan engagement kepada pengguna serta memungkinkan kreator untuk melakukan monetisasi lewat kontennya dalam bentuk tipping atau donasi yang bisa dilakukan oleh pendengar untuk mendukung kreator favoritnya. Para konten kreator juga didukung dari segi coaching dan mentoring untuk mengembangkan kualitas podcastnya, peluang kolaborasi dengan podcaster berbakat lainnya serta dari sisi promosi untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Hingga saat ini NOICE telah menggandeng lebih dari 300 konten kreator se-Indonesia untuk menghadirkan konten podcast di platform tersebut dengan total lebih dari 20.000 episode podcast yang telah mengudara.

“Tidak banyak platform konten audio yang fokus dan benar-benar serius menggarap konten hyperlokal atau bercita rasa lokal khas daerah, dan NOICE menunjukkan komitmen tersebut. Dukungan dari NOICE sejauh ini sangat membantu kami dari segi pengembangan konten hingga promosi sehingga konten rasan-rasan yang kami angkat di podcast Lambemu ini bisa lebih akrab di telinga masyarakat, khususnya arek Suroboyo. Di sisi lain, kami melihat banyak perantau dari Surabaya yang rindu dengan kampung halamannya dan ketika mendengarkan Lambemu, rasa rindunya terobati,” jelas host podcast NOICE Original Lambemu, Dono Pradana.  

Podcast Lambemu mengangkat topik-topik menghibur yang disajikan secara jenaka dengan bahasa dan logat khas Surabaya. Sejak hadir di awal tahun ini di aplikasi NOICE, podcast yang dibawakan oleh duo Firza Valaza dan Dono Pradana tersebut telah diikuti oleh lebih dari 27.000 followers dengan 31 episode yang sudah mengudara. Keseriusan NOICE dalam menggarap konten bercita rasa lokal atau hyperlokal jelas terbukti dengan kesuksesan pamor podcast Lambemu yang selalu menjadi bagian dari 5 besar podcast dengan pendengar terbanyak di NOICE, sejak awal diluncurkan.   

Selain Lambemu, banyak konten podcast lainnya di NOICE yang berasal dari Surabaya dan daerah Jawa Timur antara lain Podloud Podcast, Podcast Kisah Horror, Podcast Ngefans Sante, D’Bobol, Neras Football & Conspiracy, R.O.E Podcast, dan KePodcash.

“Dukungan konkret bagi para konten kreator kami harapkan bisa mendorong lebih banyak lagi konten podcast lokal di berbagai daerah, termasuk Surabaya, yang hadir di NOICE untuk bisa menghibur dan menginspirasi para pendengar. Kedepannya, kami juga berharap industri ini bisa membuka lapangan kerja baru sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia. Kami optimis NOICE bisa menjadi ‘teman dalam genggaman’ bagi semua Paranoice, yang menemani keseharian mereka lewat konten audio terlengkap yang kami hadirkan dari mulai podcast, radio, audiobook dan live audio. Kami siap merangkul dan mendukung para konten kreator lokal di Surabaya untuk turut berkarya di platform NOICE dan memaksimalkan potensi mereka,” tutup Niken.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year