Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Bisnis OTA mulai membaik

05:48:27 | 15 Nov 2021
Bisnis OTA mulai membaik
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Hanya tinggal dua bulan lagi tersisa di tahun 2021, periode di mana lazim bagi para konsumen untuk merencanakan liburan akhir tahun, terlepas kita masih berada dalam masa pandemi.

Penurunan kasus Covid-19 di Indonesia beberapa bulan terakhir disertai percepatan vaksinasi, tes antigen dan PCR, dan tracing system via aplikasi PeduliLindungi menghasilkan sentimen positif pada pergerakan wisata domestik yang memanfaatkan Online Travel Agent (OTA).

Kesimpulan ini ShopBack catat dari Survei Perilaku Belanja Online yang digelar pada Oktober kemarin, di mana ShopBack melemparkan beberapa pertanyaan terkait persepsi konsumen terhadap aktivitas travel di masa sekarang ketika kondisi pandemi di Indonesia mulai membaik.

Jumlah transaksi travel mengalami penurunan signifikan pada bulan Juli lalu ketika kasus Covid-19 meningkat drastis. Namun, transaksi travel naik kembali di bulan September hingga Oktober dengan peningkatan sebanyak 2x dibanding masa PPKM awal, seiring dengan membaiknya keadaan dan menurunnya jumlah kasus.

“Di masa pra-pandemi, biasanya puncak transaksi travel terjadi di bulan November dan Desember. ShopBack memprediksi trend yang sama akan terjadi di tahun ini. Angka transaksi travel dapat melebihi tahun 2020, dengan catatan keadaan tetap kondusif. Beragam partner OTA (Online Travel Agent) kami pun sudah mulai mengadakan promosi menarik untuk mengundang masyarakat untuk mulai berwisata. Kami optimis kontribusi pariwisata untuk membantu perekonomian Indonesia akan semakin meningkat di akhir tahun ini. Ayo berwisata dengan terus menjaga protokol kesehatan,” tutur Country General Manager ShopBack Indonesia Galuh Chandra Kirana.

Paket Semangat Kemerdekaan
Diungkapkannya, sebanyak 25% konsumen terakhir bepergian kurang dari 3 bulan lalu. 20% konsumen terakhir bepergian 2 tahun lalu. 11% konsumen ada yang terakhir bepergian 3 tahun lalu, dan ada juga yang kurang dari 6 bulan lalu. 10% lainnya terakhir bepergian 1 tahun lalu.

Selain itu, 56% responden berencana melakukan perjalanan akhir tahun. Berdasarkan data Oktober dari berbagai online travel merchant negara yang dikunjungi Turki, Timur Tengah, Amerika Serikat, dan lainnya.   

Adapun lima OTA yang menjadi favorit adalah Traveloka, Tiket.com, Langsung di situs web airline dan kereta api, Pegipegi, dan Agoda.(wn)   

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year