Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

5G perkuat layanan digital Telkomsel

15:21:00 | 31 Aug 2021
5G perkuat layanan digital Telkomsel
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Infrastruktur menjadi kebutuhan utama untuk melanggengkan transformasi digital yang dicanangkan Telkomsel. Transformasi digital yang dilakukan Telkomsel secara berkesinambungan beberapa tahun terakhir ini mencakup berbagai aspek di perusahaan telko plat merah ini.  Selain SDM, kultur kerja, dan yang utama adalah produk dan layanan yang disuguhkan.

Telkomsel bergerak maju dan membuka lebih banyak peluang lewat  pengembangan ekosistem digital yang inklusif yang mampu mendukung kehidupan masyarakat dalam membuka lebih banyak peluang bagi semua.

Telkomsel secara konsisten mendampingi negeri melalui jaringan mobile broadband dengan teknologi terkini, mulai dari 1G, 2G, 3G, 4G, dan baru-baru ini 5G. Tak tanggung-tanggung, Telkomsel menjadi operator pertama yang mengoperasikan teknologi generasi ke-5 di Tanah Air ini. (Baca juga : Telkomsel Manjakan Pelanggan).

Saat ini jaringan 5G Telkomsel sudah mencakup 9 kota dengan menempatkan berbagai hotspot di beberapa titik strategis, antara lain : GraPARI Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Jakarta), GraPARI Merah Putih (Medan), GraPARI Batam Center (Kepulauan Riau), Institut Teknologi Bandung, Telkom University (Bandung), GraPARI Solo, GraPARI Pemuda (Surabaya), GraPARI Renon (Denpasar), GraPARI Mal Balikpapan Baru (Balikpapan), GraPARI Pettarani (Makassar).  Sementara untuk area perumahan sementara baru mencakp wilayah Jabodetabek terdiri dari Alam Sutera (Banten), Bumi Serpong Damai (Banten), Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, dan Widya Chandra (DKI Jakarta).

Keterlibatan Telkomsel dalam mendukung percepatan transformasi digital di Tanah Air tak perlu diragukan lagi.  Berbagai peluang dibuka dan dioptimalkan secara maksimal oleh anak perusahaan Telkom Group ini. 

Dikatakan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Telkomsel terus mengoptimalkan segala peluang melalui penguatan digital trifecta yang meliputi digital connectivity, digital platform, dan digital services. Secara infrastruktur, tercatat di kuartal I tahun ini, Telkomsel sudah mengoperasikan 183.193 BTS 3G/4G. Angka ini mengalami peningkatan sebanyak 14.167 BTS dibanding periode yang sama tahun lalu.  

Hadirnya 5G menambah kekuatan dan semangat operator ini dalam meningkatkan layanannya, dan tentunya membuat ekonomi digital di perkotaan makin bergeliat. Ini menjadi peluang munculnya startup-startup memanfaatkan "modal" yang sudah disuguhkan Telkomsel.  5G menjadi modal dan kekuatan bagi para generasi Z ini dalam membangun perusahaan rintisan ini.

Menurut Hendri, Telkomsel akan terus mengembangkan berbagai platform digital melalui kolaborasi dengan berbagai pihak sebagai upaya memenuhi kebutuhan gaya hidup digital masyarakat.

Ia mencontohkan berbagai layanan dan platform digital yang sudah dihadirkan perusahaan yang dipimpinnya.  Sebut saja MAXstream, Dunia Games, dan yang terbaru Kuncie.  Pun baru-baru ini, di sektor industri media dan periklanan, Telkomsel menghadirkan Tadex yang mampu menghubungkan media dan brand dengan lebih baik sekaligus membantu mendorong kemajuan industri media secara berkelanjutan.

Telkomsel pun menyediakan Telkomsel Mitra Inovasi  (TMI) untuk mendukung stratup-starup muda yang ingin maju. Anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang investasi startup ini memang sedang membidik startup untuk bersinergi dan tumbuh bersama dengan ekosistem yang dimiliki.

"Kami mengajak talenta digital di startup untuk tumbuh bersama dengan bergabung ke Telkomsel Mitra Inovasi (TMI)," kata Hendri.

Bisnis Digital
Transformasi digital Telkomsel menuju bisnis digital berlaku di seluruh sektor, baik business-to-business (B2B) maupun business-to-consumer (B2C).  Di segmen B2B, melalui Telkomsel myBusiness, operator ini terus melakukan penetrasi terhadap solusi-solusi digital seperti Digital Advertising (MyADS Telkomsel), Big Data (Telkomsel MSight), dan Internet of Things (Telkomsel IoT) untuk dapat menciptakan terobosan-terobosan lintas industri.

Sementara di segmen B2C, Telkomsel sebagai perusahaan yang mengutamakan customer-centricity diwujudkan lewat produk-produk digital yang sesuai kebutuhan pelanggan. Telkomsel memiliki layanan digital sendiri mencakup Digital Lifestyle (MAXstream, LangitMusik, Dunia Games), Mobile Financial Services (LinkAja), dan Digital Banking (MBanking Telkomsel).

Dalam menunjang gaya hidup digital bagi pelanggannya, Telkomsel memperluas layanan ke arah digital turut diimbangi dengan kualitas produk yang dihadirkan.  Sebut saja MAXstream yang terus memperkaya kontennya dengan menggelar kompetisi Stand Up Battle Indonesia 2019 hasil kolaborasi dengan HOOQ dan Singtel serta menghadirkan serial Shark Tank, reality show bertemakan bisnis melalui saluran televisi TechStorm HD yang menghadirkan tayangan-tayangan populer seputar gawai yang sedang diminati, kewirausahaan, dan e-sports. 

Video
Layanan digital Telkomsel berupa video, merupakan layanan Digital Video Entertainment dengan beragam pilihan paket untuk menikmati film, serial dan konten menarik lainnya baik melalui MAXstream atau melalu aplikasi mitra Telkomsel, seperti Disney+ Hotstar, HBO GO, Vidio, VIU, Amazon, Mola, Lionsgate Play, WeTV iflix, dan lain lain.

Pelanggan bisa menikmati beragam pilihan layanan video streaming Telkomsel Video dengan pilihan paket video, seperti paket GigaMAX, GALA, dan Premium Bundling. Ketiga paket ini dibuat oleh Telkomsel agar pelanggan bebas menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Paket GigaMAX, paket bundling yang di dalamnya terdapat Kuota MAXstream sekaligus langganan ke berbagai mitra penyedia layanan video, seperti HBO GO, Vidio Premier Gold, VIU, WeTV iflix, Genflix, Shushiroll, dan konten berbayar lainnya yang dapat dinikmati melalui MAXstream, seperti MyPlay, NOMO, dan Starvision.

Paket GALA, paket bundling yang di dalamnya terdapat Kuota MAXstream sekaligus langganan ke berbagai mitra penyedia layanan video, seperti VIU, Vidio Premier Platinum, WeTV iflix, Genflix, Shushiroll, dan konten berbayar lainnya yang dapat dinikmati melalui MAXstream, seperti MyPlay, NOMO, dan Starvision.

Paket Premium Bundling, paket bundling yang di dalamnya terdapat Kuota MAXstream beserta langganan ke salah satu mitra penyedia layanan video yang dipilih.

Kuota MAXstream merupakan kuota yang dapat digunakan untuk menonton aplikasi/layanan MAXstream, TikTok, Disney+ Hotstar, Genflix, HBO GO, iflix, RCTI+, Sushiroll, UseeTV GO, Vidio, VIU, dan Netflix.

Games
Telkomsel  juga memperkuat posisinya di industri game Tanah Air melalui Dunia Games.  Di layanan games, Telkomsel menyuguhkan berbagai game pilihan, sebut saja Rise of Nowlin, Lord of Estera, ShellFire, dan Kolak Games Express.

Telkomsel juga menyediakan puluhan voucher game favourite, antara lain Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, Call of Duty: MobileRise of Nowlin, Three Kingdoms: Quest of Infinity, dan Playerunknown’s Battlegrounds.  Ada tiga pilihan paket data yang diberikan Telkomsel untuk kebutuhan para gamers, yakni : GamesMAX Diamond, GamesMAX Gold, dan GamesMAX Silver.

Musik
Di sisi hiburan musik, Telkomsel memperkuatnya dengan LangitMusik sebagai platform streaming musik yang mengedepankan konten lokal karya anak bangsa. Persentase lagu-lagu Indonesia sendiri mencapai 76% dari total koleksi yang dimiliki oleh LangitMusik.  Di layanan hiburan musik ini, selain LangitMusik, Telkomsel juga memberikan pilihan kepada pelanggannya yakni Spotify dan Smule. Paket data untuk menikmati layanan ini ada 3 pilihan, antara lain : MusicMAx, MusicMAX, dan MusicMAX Ketengan.

Paket Semangat Kemerdekaan
Kuncie
Selain itu, Telkomsel pada pertengahan tahun ini juga memperkenalkan satu platform edukasi/pembelajaran dan pengembangan keterampilan, Kuncie. Pembelajaran ini dalam bentuk video, di mana pengguna bisa mengaksesnya secara gratis untuk beberapa konten dalam seharinya. 

Ada 65 praktisi yang jadi mentor Kuncie, mulai dari eks menteri Gita Wirjawan dan Ignasius Jonan, Menparekraf Sandiaga Uno, CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, Helmy Yahya, Chef Arnold Poernomo, CEO Halodoc Jonathan Sudharta, CXO Media Putri Tanjung, Raditya Dika, Joko Anwar, dan lainnya.

LinkAja
Terkait dukungan terhadap program pemerintah dalam Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), Telkomsel melalui LinkAja terus mengawal pertumbuhan layanan tersebut agar senantiasa mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan berbagai macam transaksi. LinkAja berhasil menerima sertifikat kesesuaian syariah bagi LinkAja Syariah, fitur pembayaran digital syariah dari LinkAja. Hingga kini, LinkAja telah memiliki lebih dari 40 juta pelanggan dan 250.000 gerai Mitra LinkAja. (sg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year