Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Kolom Opini

Monetisasi game dengan pendapatan iklan

06:58:18 | 22 Jun 2021
Monetisasi game dengan pendapatan iklan
Angkasa Pura 2
Pemahaman konsumen tentang risiko berbagi data personal semakin meningkat dan mereka kini mempertimbangkan masalah privasi saat mengambil keputusan pembelian. Global Consumer Insight Survey 2020 PwC menyebutkan bahwa hampir 30 persen responden dari Asia Tenggara memiliki berbagai persepsi terkait membagikan data konsumen dengan organisasi.

Ini menunjukkan bahwa perusahaan perlu lebih transparan dan meningkatkan keamanan dan proses pengelolaan data mereka.

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, organisasi harus mengambil pendekatan proaktif dan berinvestasi pada privasi dan keamanan data pelanggan. Belum lama ini, Apple meluncurkan iOS 14.5 sebagai upaya untuk membuat sistem mereka lebih aman bagi para pengguna iPhone. Dengan iOS 14.5, para pengguna akan memiliki kontrol yang lebih besar atas data yang mereka bagikan dan pengembang aplikasi tidak dapat menargetkan pengguna yang menolak untuk membagikan Identifier for Advertisers (IDFA).

Menurut NewZoo , lebih dari 80 persen dari populasi online perkotaan di Asia Tenggara adalah gamer, dan mereka menyebutkan bahwa Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam adalah pasar terkemuka di kawasan tersebut. Sebagai pasar game yang berkembang, peluncuran iOS 14.5 akan berdampak signifikan terhadap pengiklan digital dan aplikasi game seluler di kawasan yang mengandalkan tracker untuk mengidentifikasi dan menjangkau audience sasaran mereka. Akan tetapi, terlepas dari perubahan yang diberlakukan oleh iOS 14, iklan akan tetap berperan penting — sekalipun tanpa IDFA.

Keputusan
Kategori aplikasi yang sangat berbasis pada data, seperti game hiperkasual, akan mengandalkan data kampanye yang akurat dalam melakukan akuisisi pelanggan agar pemasar dapat mengetahui channel yang tepat untuk mengalokasikan anggaran dan cara mengoptimalkan kinerja kampanye mereka. Mereka menggunakan KPI khusus seperti retensi d0/d1, Nilai Umur (LTV) pengguna atau Laba atas Belanja Iklan (ROAS) untuk mengeksplorasi kampanye yang mendorong kinerja terbaik.

Semua metrik ini membutuhkan data yang akurat karena pemasar beroperasi dengan margin Imbal Hasil Investasi (ROI) yang sangat tipis. Pemasar harus mengetahui di mana mereka perlu mengalokasikan atau mengurangi beberapa poin persentase investasi.

Pemasaran seluler telah berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Para pemasar akan lebih mengandalkan model dan konteks untuk mengidentifikasi channel yang patut dijadikan fokus untuk mendapatkan pengguna baru karena jumlah data deterministik yang dapat digunakan akan semakin sedikit.
Meningkatkan keunggulan

Pemanfaatan data deterministik adalah salah satu cara untuk menjaga agar kegiatan operasional tetap stabil dan meningkatkan tingkat persetujuan pengguna sebagai keunggulan kompetitif — untuk mempertahankan akurasi pengukuran dan menjaga biaya per- mille (CPM).

Akan tetapi, setelah akses IDFA otomatis tidak lagi tersedia, CPM akan mengalami dampak yang signifikan. Apabila ID tidak tersedia, tautan deterministik akan menghilang, dan Platform Sisi Permintaan atau jaringan iklan perlu mempertimbangkan berbagai parameter seperti jam transaksi, model perangkat, sistem operasi, yang hanya dapat mengidentifikasi secara tidak langsung apakah seorang pengguna memiliki tingkat belanja yang tinggi atau tidak. Ketersediaan data deterministik yang berkurang akan menimbulkan risiko yang lebih besar, sehingga akan tercermin dalam harga. Di sisi lain, nilai inventaris yang masih memiliki akses IDFA kemungkinan besar akan meningkat — dan banyak pemain industri akan bersaing untuk mendapatkan akses pada harga yang premium.

Para pemasar perlu menyiapkan rencana baru untuk memastikan tingkat persetujuan yang tinggi dan para pengembang perlu berulang kali menjalankan dengan cepat strategi jangka pendek untuk meminimalkan dampak perubahan terhadap CPM dan pendapatan. Misalnya, pengembang aplikasi dapat menggunakan terminologi sederhana seperti "Nanti" dan "Selanjutnya" secara horizontal dan berdampingan, untuk mendorong pengguna agar mengambil tindakan afirmatif. Penerimaan positif di sisi kanan selaras dengan pemahaman masyarakat tentang proses untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Cepat
Sejak peluncuran iOS 14.5, iklan yang ditargetkan tidak akan ditampilkan kepada pengguna yang tidak memberikan persetujuan. Alhasil, publisher akan mengalami penurunan pendapatan per iklan. Beberapa publisher mungkin akan memberikan peringatan bahwa jumlah iklan yang ditampilkan akan lebih banyak apabila pengguna tidak memberikan persetujuan.

Dalam  penelitian yang dilakukan oleh Adjust pada tahun 2020, game hiperkasual dapat menayangkan lebih banyak iklan dibandingkan gameplay dalam satu menit dan tetap menghasilkan keuntungan. Akan tetapi, publisher harus mengingat bahwa penayangan iklan akan menemui titik di mana imbal hasil akan menurun. Pendapatan game hiperkasual yang menayangkan lebih dari empat iklan per menit tidak dapat melebihi $35.000 per bulan.

Sweet spot tampaknya berada di kisaran dua hingga tiga iklan per menit, sehingga perusahaan game hiperkasual dapat meningkatkan pendapatan hingga 10 persen. Publisher perlu menemukan keseimbangan saat mengambil keputusan tentang strategi monetisasi iklan untuk iOS 14. Penayangan lebih banyak iklan untuk mengimbangi pendapatan yang hilang dapat membuat pengguna berhenti menggunakan aplikasi.

Selain itu, jenis iklan yang ditampilkan oleh para pengembang juga menjadi pertimbangan penting. Format-format yang sangat menarik seperti video, rewarded dan rich media dapat mempertahankan tingkat kinerja tanpa IDFA sekalipun. Oleh karena itu, kemungkinan besar harga banner dan mid rectangles akan menurun secara lebih signifikan.

Menetapkan KPI
Untuk kategori game yang melakukan monetisasi melalui iklan, Cost Per Action (CPA) berperan penting terhadap kesuksesan. Estimasi pendapatan yang dapat dihasilkan dalam sebuah aplikasi dapat membantu menentukan CPA. Saat mengoptimalkan CPA, ketentuan yang dimasukkan dalam aplikasi dapat digunakan oleh para pengembang untuk melacak jumlah tayangan iklan dan pendapatan iklan.

Kerangka atribusi Apple, SKAdNetwork, memberikan channel media kemampuan untuk mendapatkan sumber terpercaya terkait atribusi di dunia baru yang mengutamakan privasi ini, dan pemasar dapat memanfaatkan lebih banyak tools untuk lebih memahami perjalanan pengguna. Misalnya, parameter seperti waktu dilakukannya klik, waktu instalasi, dan info perangkat dasar dapat memperkirakan sumber instalasi selama beberapa jam setelah sebuah klik.

Paket Semangat Kemerdekaan
Penyiapan strategi nilai konversi yang tepat akan menjadi kunci keberhasilan SKAdNetwork. Klien game hiperkasual yang ingin menghitung jumlah tayangan iklan berdasarkan kisaran jumlah perlu membuat 'bucket' untuk membagi pengguna ke dalam berbagai kategori berdasarkan jumlah iklan yang mereka lihat.

Perubahan pada iOS 14 akan membutuhkan penyesuaian besar dari cara pemasar aplikasi mengoperasikan perangkat Apple, tetapi dengan strategi yang tepat, para pemasar akan siap meraih kesuksesan di dunia pasca-IDFA. Upaya Apple untuk meningkatkan keamanan bagi pengguna hanyalah langkah awal; banyak perusahaan lain juga akan mengikuti jejak ini dalam waktu dekat, dan saat platform berevolusi, perusahaan yang gesit memiliki peluang yang baik untuk berinovasi dan meraih kesuksesan dalam ekonomi digital.

Ditulis oleh April Tayson, Regional Vice President INSEA, Adjust

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Telkom Digital Permata