Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Mastel dan idEA sepakat kawal RUU PDP

03:01:20 | 20 Jun 2021
Mastel dan idEA sepakat kawal RUU PDP
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) sepakat mengawal bersama Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) sebagai instrumen legislasi yang fundamental dalam perdagangan secara elektronik berbasis platform market place sebagai pilar pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Ketua Umum Mastel Sarwoto Atmosutarno dan Ketua Umum idEA Bima Laga memastikan kolaborasi institusional untuk penguatan industri dan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

"Kompetisi global yang menjadikan pelindungan data (data protection) sebagai standar yang absolut perlu disikapi dengan bijak, Mastel dan idEA berkolaborasi untuk mengidentifikasi permasalahan sekaligus solusi yang aplikatif dalam pelindungan data pribadi di Indonesia," kata Sarwoto.

Laporan Ernst & Young tahun 2020, memuat fakta pasar e-commerce dunia telah tumbuh lebih dari 100% setahun selama lima tahun terakhir, di mana Indonesia bersama India, Meksiko dan China menjadi negara dengan pertumbuhan pasar e-commerce tercepat di dunia.

Pertumbuhan yang eskalatif dan masif perlu dibarengi kebijakan keberpihakan kepada para pelaku nasional, selain pelindungan data pribadi termasuk produk asli buatan lokal, UMKM ekonomi kreatif, literasi transformasi digital. “Kesehatan, kemandirian, dan kedaulatan dari industri e-commerce nasional tidak bisa ditawar lagi,” ungkap Sarwoto.

“Interaksi masyarakat melalui eCommerce adalah fakta sebenarnya dari Living Enabler (fasilitator dan dinamisator yang hidup) sektor telematika di tanah air. Pelindungan terhadap data pribadi konsumen, merchant, sekaligus penyelenggara loka pasar melalui kebijakan swa-regulasi perlu diperkuat dan ditingkatkan menjadi legislasi melalui RUU PDP”. Terkait perpajakan di bisnis digital, Mastel dan idEA sepakat untuk bersama-sama memberi masukan kepada Pemerintah dengan mempelajari dengan cermat rantai kemanfaatan ekonomis yang adil dan memberi ruang gerak bisnis digital yang sedang tumbuh sehingga berkembang dengan sehat,” tambah Bima.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Telkom Digital Permata