telkomsel halo

Indonesia butuh tata kelola penerapan TIK

13:48:04 | 10 Jun 2021
Indonesia butuh tata kelola penerapan TIK
Ketua Umum MASTEL Sarwoto Atmosutarno
JAKARTA (IndoTelko) - Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) memandang masyarakat memerlukan lembaga yang mengkaji dan menerapkan teknologi TIK di tanah air untuk kelayakan dan penerapannya, terutama untuk inovasi anak bangsa yang saat ini berkembang pesat sebagaimana tugas yang diemban Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Keberadaan BPPT sudah terbukti mampu membantu dan mempersiapkan implementasi & tata kelola teknologi, layanan dan hilirisasi riset TIK.

Ketua Umum MASTEL Sarwoto Atmosutarno menilai peran BPPT dalam transformasi digital dan kemandirian digital juga sangat penting terutama dalam rangka percepatan respon pandemi COVID-19 dan rekomendasinya untuk penerapan adaptasi kehidupan baru.

MASTEL berharap BPPT senantiasa terbuka menerima masukan kritis dari multi stakeholder untuk mencapai kedaulatan digital di tanah air, sehingga BPPT dapat terus menghasilkan teknologi terapan yang sangat penting dan dibutuhkan masyarakat.

Terkait dengan inovasi teknologi dan kemajuan layanan TIK, MASTEL berharap Pemerintah segera melakukan revitalisasi Museum Telekomunikasi (Mustel) yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, yang saat ini dalam kondisi yang memprihatinkan karena tidak terawat dan tidak layak sebagai sebuah fasilitas umum.

“Sudah saatnya Mustel direnovasi dan dipugar menjadi Museum Telematika yang membanggakan dan bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Selain itu, keberadaan Mustel sangat penting untuk sarana pembelajaran dan pendidikan bagi generasi mendatang. Masyarakat dapat memahami sejarah perkembangan dan kemajuan anak bangsa dalam mengadopsi teknologi dan tata kelola penerapan teknologi TIK sebagai pendukung penting pembangunan nasional dari era telekomunikasi hingga era internet dan ruang siber di masa kini maupun yang akan datang.

MASTEL dan Dewan TIK Nasional siap bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menjalankan dan menghidupkan kembali Mustel sehingga memiliki peran literasi teknologi telekomunikasi dan tata kelola penerapan teknologi TIK di Indonesia.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year