telkomsel halo

Multipolar dukung transisi BI Fast Payment dengan Oracle Database dan Vision DG

09:33:54 | 04 Jun 2021
Multipolar dukung transisi BI Fast Payment dengan Oracle Database dan Vision DG
TANGERANG (IndoTelko) - Multipolar Technology Dukung Transisi yang Mulus ke BI Fast Payment dengan Oracle Database dan VisionDG. Layanan BI Fast Payment dari Bank Indonesia tentunya akan sangat membantu pelaku usaha dalam mewujudkan sistem pembayaran transfer online secara real time dan lebih aman. Tak hanya pelaku usaha yang diuntungkan dengan layanan ini, namun masyarakat juga nantinya dapat menikmati layanan sistem pembayaran yang lebih mudah, cepat dan aman.

Guna menyajikan pemahaman yang lebih baik terkait penerapan solusi BI Fast Payment, Multipolar Technology menyelenggarakan webinar khusus bagi perbankan bertajuk “BI Fast Payment for Agile Transformation Financial Services” kemarin (3/6). Event ini bertujuan  agar sektor perbankan yang masuk dalam fase awal penerapan BI Fast Payment bisa lebih siap, dimulai dari penyediaan solusi database, payment hub sebagai akseleratornya, serta infrastrukturnya sehingga implementasi dapat berjalan lancar.

Pandemi mendesak dan memaksa terjadinya peningkatan transaksi digital dan peluncuran produk atau layanan digital yang bernilai tambah bagi pelanggan. Multipolar Technology sebagai pionir solusi perbankan telah siap dengan solusi-solusi bisnis berbasis digital yang sejalan dengan tren dan kebutuhan pasar, termasuk kebutuhan regulasi dari Bank Indonesia seperti solusi BI Fast Payment.

Diskusi ini membahas solusi Oracle Database yang merupakan komponen mandatory dari BI Fast Payment, dengan highlight fitur terbaru Oracle versi 19C dan Oracle Data Guard untuk replikasi data dari Production ke DRC sehingga database memiliki tingkat ketersediaan (availability) yang tinggi dan konsisten. Juga pemaparan beberapa modul dari VisionDG sebagai Payment Hub, yaitu Modul Messaging BI Fast Payment, Modul Transaksi, dan Modul Rekonsiliasi.

Dikatakan e-Channel Solution Head Multipolar Technology Achmad Fakhrudin, Multipolar Technology yang sangat berpengalaman melayani sektor perbankan sejak tahun 1975 tentu siap membantu menyukseskan program BI Fast Payment ini. "Kami memiliki solusi-solusi yang dibutuhkan untuk mendukung BI Fast Payment, seperti solusi infrastruktur mandatory yakni Oracle Database dan Host Security Module (HSM). Kami juga menyediakan aplikasi pendukungnya yaitu solusi Payment Hub VisionDG yang dapat memudahkan bank untuk melakukan integrasi dengan BI Fast connector – ISO20022,” jelasnya.

VisionDG adalah platform digital berbasis microservices yang dibangun melalui proses agile development dan berjalan di atas platform digital container. VisionDG selalu dikembangkan agar up to date dan dapat mengakomodir perkembangan kebutuhan digital, seperti BI Fast Payment yang diluncurkan oleh Bank Indonesia. Solusi ini terintegrasi dari back end hingga front end sehingga akselerasi transformasi digital melalui open innovation dan open collaboration dengan ekosistem digital yang sudah ada dapat dilakukan dengan lincah, mudah dan cepat.

Menurut Dept Head of BI Solution & Regulation Multipolar Technology, Suhenderi, untuk membangun sistem atau aplikasi digital tentunya pelaku usaha butuh kerja sama atau kolaborasi dengan Digital Partner yang memiliki pengalaman dan kapabilitas yang mumpuni dalam implementasi teknologi digital. "Untuk memudahkan terwujudnya hal tersebut, kami mengembangkan solusi VisionDG sebagai Platform Digital siap pakai untuk mendukung beberapa inisiatif produk baru berbasis digital termasuk BI Fast Payment,” jelasnya.

Multipolar telah memiliki sertifikasi OCA dan OCP sehingga tidak perlu diragukan lagi dalam menjamin kelancaran implementasi Oracle, khususnya untuk penerapan BI Fast Payment.  (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year