telkomsel halo

Ini pemenang Ideas for Action Incubator

04:12:27 | 01 May 2021
Ini pemenang Ideas for Action Incubator
JAKARTA (IndoTelko) - Lima tim berisikan mahasiswa, profesional dan pengusaha muda telah dipilih sebagai pemenang kompetisi Ideas for Action Incubator, program kolaborasi antara Tanoto Foundation dan Wharton School yang mengajak  pelajar, profesional muda dan wirausahawan Indonesia untuk mengembangkan dan berbagi ide tentang  solusi pembiayaan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981.

Kompetisi ini diadakan sebagai bagian dari  Ideas for Action (I4A), kompetisi pemuda global yang berfokus pada pembiayaan pembangunan berkelanjutan dan didukung oleh Bank Dunia dan Zicklin Center for Business Ethics Research di Wharton School.

Tahun ini, tim pemenang I4A Incubator Competition Indonesia berhasil memikat dewan juri dengan ide-ide inovatif yang melibatkan teknologi, termasuk VOLUNTREEP, sebuah aplikasi yang mengintegrasikan pariwisata dan sukarelawan; CARI! Cerdas Antisipasi Risiko Bencana, alat yang  menyediakan informasi serta analitik tentang bencana kepada publik; MAGOODS, laman website yang menghubungkan pemasok sampah organik dengan peternak belatung (maggot); BIAMON, sistem pemantauan hama berbasis teknologi bio-akustik dan StarGro, sebuah startup yang berfokus pada agribisnis yang menghubungkan petani, peternak, dan pasar lokal.

Sebagai pemenang dari kompetisi I4A Incubator, lima tim tersebut mendapatkan  kesempatan untuk meningkatkan dan mempertajam proposal bisnis mereka dengan bantuan dari tim Wharton School secara daring pada 23 April 2021. Kelas mentoring ini diharapkan dapat membantu para pemenang dalam meningkatkan kemampuan bisnis mereka dan juga memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat.

“Kompetisi Ideas for Action Incubator bertujuan untuk untuk membina jaringan pemimpin muda yang berdaya di Indonesia, yang kelak dapat melayani masyarakat nasional dan global untuk mewujudkan SDGs. Program ini juga selaras dengan semangat wirausaha pendiri Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto dan juga merupakan salah satu dari sembilan karakteristik yang diajarkan dalam program pengembangan kepemimpinan TELADAN. Ide-ide tersebut tidak hanya menunjukkan seberapa dalam para pemimpin dan wirausahawan muda ini peduli kepada masyarakat, namun juga bagaimana mereka menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam ide-ide dan implementasinya,” kata CEO Global Tanoto Foundation Dr. J. Satrijo Tanudjojo.

Managing Director Bank Dunia Mari Elka Pangestu mengatakan di Indonesia, kerja sama yang berkelanjutan antara Tanoto Foundation dan Wharton School menyoroti pentingnya kepemimpinan lokal dan kemitraan yang inovatif termasuk dengan  sektor swasta dan pemangku kepentingan non-tradisional untuk mencapai tujuan SDG.

Ideas for Action diluncurkan tahun 2015. Ideas for Action menerima lebih dari 4.200 proposal dari 152 negara.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year