Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Kolom Opini

Pemasaran untuk aplikasi kencan online

09:23:58 | 25 Apr 2021
Pemasaran untuk aplikasi kencan online
Angkasa Pura 2
Pandemi telah menghambat interaksi sosial yang bersifat tatap muka, tetapi masyarakat tetap ingin bersosialisasi. Tinder mencatat bahwa jumlah swipes mencapai lebih dari 3 miliar pada tanggal 29 Maret 2020, angka ini memecahkan rekor harian sepanjang sejarah aplikasi kencan. Bumble mencatat bahwa penggunaan panggilan video dan panggilan suara meningkat sebesar 21 persen selama pandemi. Saat masyarakat berdiam di rumah karena lockdown yang diberlakukan oleh negara, para pengguna memanfaatkan fitur pengiriman pesan dan panggilan video dari aplikasi kencan online untuk bertemu dengan kenalan baru dan memperluas pergaulan.

Dengan meningkatnya tingkat penetrasi internet, kawasan Asia Pasifik (APAC) dengan cepat mengejar ketinggalan dengan kawasan-kawasan lainnya dari segi penggunaan aplikasi kencan. Menurut riset pasar, APAC akan memiliki tingkat pertumbuhan paling tinggi pada tahun 2025. Walaupun peluang pertumbuhan di industri kencan online masih signifikan, perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor ini perlu mengambil berbagai langkah untuk mengidentifikasi hal-hal yang berjalan dengan baik untuk pemasaran seluler di pasar yang berkembang dan memiliki daya saing yang tinggi. Strategi yang berfokus pada akuisisi pengguna, monetisasi dan retensi akan memainkan peran penting dalam menentukan kesuksesan atau kegagalan aplikasi kencan.

Informasi tentang perilaku pengguna sangat penting. Aplikasi kencan online perlu mengidentifikasi teknologi yang tepat dan memanfaatkan data yang mereka miliki untuk menjangkau audience yang tepat, dan memberikan pengalaman pengguna yang seru, unik dan responsif. Brand yang mengambil keputusan berbasis data cenderung melihat perbedaan yang signifikan dalam berbagai parameter, seperti jumlah pengguna, durasi sesi, dan pelibatan.

Berikut adalah beberapa tips bagi pemasar untuk meningkatkan kinerja aplikasi kencan online:

1. Mencari saat yang tepat untuk melibatkan pengguna
Data pengguna anonim dari aplikasi kencan paling populer menurut Adjust untuk tahun 2020 menunjukkan bahwa jumlah instalasi dan sesi paling tinggi di akhir pekan. Jumlah instalasi mulai meningkat di hari Jumat dan memuncak pada hari Sabtu. Waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi juga jauh lebih tinggi pada akhir pekan sebagaimana yang terlihat dari durasi sesi yang jauh lebih lama di hari Sabtu dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Identifikasi peluang yang tepat untuk melibatkan audience sasaran dan pengguna sangat dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah instalasi dan tingkat retensi pengguna. Dengan mengkaji data, aplikasi kencan online dapat menyesuaikan rencana pemasaran untuk membantu mencapai hasil yang diharapkan.

2. Menjaga ketertarikan pengguna
Durasi sesi memuncak di awal untuk aplikasi kencan, hal ini menunjukkan bahwa pengguna aplikasi mulai mencari pasangan yang cocok dan berinteraksi dengan calon pasangan setelah mengunduh aplikasi. Tidak seperti aplikasi game atau berita, di mana durasi sesi bertambah lama saat pengguna semakin familier dengan game atau mulai mengapresiasi manfaat dari aplikasi berita. Daya tarik awal aplikasi kencan online memudar dengan cepat dan durasi sesi mulai bertambah singkat menjelang hari ke-30. Aplikasi kencan online perlu mempertimbangkan variasi dalam pola penggunaan untuk meningkatkan pelibatan pengguna. Push notification yang dipersonalisasi, berdampak dan waktu penayangannya diatur dengan sempurna adalah pendekatan yang telah teruji dan terbukti serta mendorong dan memotivasi pengguna untuk kembali menggunakan aplikasi. Dengan memanfaatkan data, aplikasi kencan online dapat melakukan segmentasi pengguna dan menyesuaikan frekuensi pesan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Mengidentifikasi hal yang menarik pengguna ke aplikasi Anda
Subscription adalah model monetisasi primer untuk aplikasi kencan online. Lain halnya dengan game atau berita, motivasi pengguna aplikasi kencan cenderung berbeda karena tujuan mereka adalah menemukan pasangan dan setelah itu tidak lagi menggunakan aplikasi tersebut. Investasi dalam pelacakan event akan membantu aplikasi kencan online dalam memperoleh informasi tentang pengalaman pengguna dalam memakai aplikasi tersebut. Brand dapat mengukur keseluruhan proses berlangganan dan memanfaatkan data ini untuk menyiapkan model nilai umur yang akurat dan meningkatkan imbal hasil investasi. Seluruh siklus pengguna perlu dianalisis – dari hal yang menarik mereka ke aplikasi Anda hingga saat mereka mengaktifkan trial dan perjalanan detail setiap pelanggan hingga mereka tidak lagi berlangganan dan bahkan berlangganan kembali.

4. Melindungi pengguna aplikasi
Di forum dan platform media sosial, para pengguna mengeluhkan bahwa pengalaman mereka dirusak oleh akun palsu. Dengan menggunakan bot, para penipu membuat akun palsu pada skala yang lebih besar untuk memalsukan likes, views, dan comments, serta menjebak pengguna ke dalam penipuan. Akun palsu juga digunakan untuk membagikan tautan spam ke situs lainnya. Bot dapat melakukan aksi secara otomatis dan tetap aktif di platform untuk durasi yang lebih lama dan menimbulkan kerusakan yang signifikan saat berinteraksi dengan banyak pengguna.

Paket Semangat Kemerdekaan
Untuk melindungi pengguna, aplikasi kencan online perlu menyediakan sebuah fungsi dalam aplikasi untuk melaporkan pengguna yang berinteraksi dengan bot. Dengan menginstalasi fitur ini, pengguna dapat membantu membersihkan basis pengguna aplikasi. Biometrik perilaku menjadi standar emas untuk pendeteksian bot. Model pembelajaran mesin yang menganalisis kombinasi indikator biometrik sangat kompleks sehingga menyulitkan para penipu. Dengan memisahkan pola dan perilaku pengguna asli dengan penipu, aplikasi kencan online dapat memastikan bahwa pengguna dilindungi.

Pandemi telah secara drastis mengubah cara masyarakat berinteraksi dan membuat aplikasi kencan online semakin diterima secara luas, oleh karena itu industri kencan online memiliki peluang pertumbuhan yang luar biasa. Aplikasi kencan yang berupaya memasuki pasar dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi perlu berinvestasi untuk mempertahankan pengalaman pengguna yang positif, serta  dengan membangun dan mempertahankan reputasi yang baik.

Ditulis oleh April Tayson, Regional VP, INSEA, Adjust

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata