telkomsel halo

Mastercard dan YCAB Foundation dorong kesetaraan gender via Mastercard Girls4Tech

04:15:30 | 23 Apr 2021
Mastercard dan YCAB Foundation dorong kesetaraan gender via Mastercard Girls4Tech
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – Sehubungan dengan Hari Kartini, Mastercard dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation memperkuat komitmen untuk pemberdayaan perempuan jangka panjang. Berinvestasi pada anak-anak, terutama anak-anak perempuan, agar menjadi dan tetap bersemangat belajar mengenai topik-topik Science, Technology, Engineering and Math (STEM) membuka jalan menuju kesejahteraan dan pekerjaan yang bermanfaat.

Atas permintaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, YCAB Foundation akan memperluas jangkauan kurikulum STEM online Mastercard Girls4Tech yang inovatif dan menarik. Saat ini menyasar empat provinsi, YCAB Foundation – dengan dukungan filantropi tambahan dari Mastercard – akan memperluas jangkauan ke 14 provinsi lain di Indonesia, yang merupakan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) dan populasi.

Diluncurkan sejak Desember 2019 sebagai bagian dari Mastercard Academy 2.0, sebuah program unggulan yang dirancang untuk mengedukasi dan memberikan keterampilan digital yang penting kepada berbagai segmen masyarakat Indonesia, YCAB Foundation menciptakan sebuah pembelajaran interaktif dalam bentuk gamifikasi online.

Ketika banyak negara menerapkan lockdown karena COVID-19, YCAB Foundation bekerja sama dengan pemerintah dan guru terpilih sebagai perwakilan sekolah untuk melatih rekan guru lainnya menggunakan sarana gamifikasi dan kurikulum STEM. Hingga hari ini, YCAB Foundation telah menjangkau 346 guru, 14.891 anak perempuan, dan 984 anak laki-laki di provinsi Banten, Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Pelatihan gamifikasi online disediakan melalui game pendidikan berbasis web, termasuk e-book, video animasi, dan forum diskusi.

YCAB Foundation bekerja sama dengan pemerintah dan guru untuk memberikan panduan tentang pedagogi, instruksi tentang cara menggunakan sarana pembelajaran gamifikasi, dan dukungan teknologi yang berkelanjutan melalui berbagai saluran digital. YCAB Foundation tetap berkomitmen untuk menilai dampak dari program Mastercard Girls4Tech™ dan secara konsisten mengumpulkan serta mengintegrasikan umpan balik dari guru dan siswa guna meningkatkan potensi sarana pembelajaran gamifikasi tersebut.

"Mastercard bangga dapat meningkatkan pendekatan kolaboratif ini guna memperkuat sarana STEM yang tersedia untuk para guru dan siswa sebagai bagian dari Mastercard Academy 2.0. Pendidikan STEM sangat penting saat ini, dan akan menjadi lebih penting karena ekonomi digital Indonesia berkembang, dan menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru dengan upah layak. Memberdayakan para guru dengan sumber daya yang diperlukan untuk membantu para siswa belajar dan menerapkan keterampilan STEM hanya dapat diwujudkan melalui kerja sama antara pemerintah dengan pihak swasta. Di masa seperti saat ini, ketika pandemi membuat jutaan anak usia sekolah harus belajar dari jarak jauh (di mana itu bahkan merupakan sebuah pilihan yang baik), Mastercard ingin menjadi bagian dari solusi dengan menciptakan cara yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa, terutama anak-anak perempuan, untuk belajar dan tetap terlibat dengan mata pelajaran STEM," kata Country Manager, Indonesia, Mastercard Navin Jain.

Paket Semangat Kemerdekaan
Pendiri dan CEO YCAB Foundation Veronica Colondam mengatakan berinovasi dan memiliki ketangkasan merupakan elemen-elemen penting yang diperlukan dalam perubahan di dunia teknologi yang terus berkembang. "Tidak ada hal yang lebih baik untuk mengakui sekaligus mendukung kehadiran generasi baru dari para remaja perempuan yang berbakat. YCAB Foundation merasa istimewa karena dapat berkolaborasi dengan Mastercard dalam mengimplementasikan Mastercard Girls4Tech™ di Indonesia. Kami telah mendedikasikan diri kami untuk meningkatkan taraf kehidupan para remaja perempuan dengan membawa mereka sepenuhnya ke dunia STEM dan menunjukkan bahwa ada peluang yang tersedia di sini. Kami berharap dapat terus menginspirasi dan memberdayakan remaja perempuan dalam meraih impian mereka dan menjadi sukses,” katanya.

Sementara itu, pandemi telah memperlihatkan kerapuhan pasar tenaga kerja dan ketidaksetaraan struktural dengan pekerja bergaji rendah, termasuk minoritas dan wanita. Perluasan yang dilakukan oleh Mastercard dan YCAB Foundation sangat penting karena akan menjadi momen penting lainnya yang akan mendukung pemulihan ekonomi nasional dalam jangka panjang melalui pembangunan sumber daya manusia.

Di tahun-tahun mendatang, Mastercard dan YCAB Foundation akan terus memperkuat kolaborasi untuk menjembatani ketidaksetaraan yang ada bagi perempuan, khususnya dalam mata pelajaran STEM, melalui kerja sama dengan pemerintah, masyarakat sipil, akademisi, dan lainnya.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year