telkomsel halo

GoFood berbagi resep sukses berbisnis kuliner

10:17:45 | 05 Apr 2021
GoFood berbagi resep sukses berbisnis kuliner
JAKARTA (IndoTelko) – Platform digital semakin menjadi andalan para pengusaha/ UMKM kuliner guna menjangkau pelanggan setia dan memasarkan produknya. Seiring dengan itu, pengusaha kuliner/ UMKM perlu terus meningkatkan ilmu dan keterampilan khususnya terkait pemasaran atau berbisnis di dunia online sehingga dapat menjawab kebutuhan dan preferensi konsumen.

Program akselerator startup kuliner Digitarasa, yang didukung oleh GoFood, hadir sejak awal 2020, dan telah sukses melatih puluhan pengusaha/ UMKM kuliner untuk go online serta memberikan pendampingan agar mereka terus bertumbuh. Kali ini, di program pelatihan (bootcamp) Digitarasa Batch 3, GoFood berbagi resep sukses berbisnis kuliner kepada pelaku UMKM dengan memanfaatkan strategi promosi digital yang efektif.

“Salah satu strategi yang membuat bisnis kuliner kita  jauh lebih menarik adalah dengan strategi pemasaran yang baik, termasuk lewat program promosi atau diskon. Apalagi hampir seluruh pelanggan GoFood memilih berbelanja dari restoran yang menawarkan promosi," kata Head of GoFood & Platform Merchant Marketing Gojek, Felicia Wijaya.  

Selain membuat promosi dengan menawarkan berbagai skema diskon, Felicia melanjutkan bahwa mitra usaha dapat mengambil kesempatan untuk terus jadi andalan pelanggan dengan menerapkan strategi rekomendasi menu, dimana mitra usaha menawarkan beberapa menu andalan secara rutin dan konsisten agar menjadi best seller.

Saat sudah mulai dikenal, menu best seller tadi bisa dikombinasikan dengan menu baru yang sedang ingin dipromosikan dalam bentuk paket.  Di tengah pandemi di mana sebagian besar pelanggan masih banyak melakukan aktivitas di rumah bersama anggota keluarga, strategi ini pun semakin efektif karena turut menjawab tren membeli makanan dalam jumlah banyak.

“Tidak kalah penting dan sering kali terlupakan oleh mitra usaha adalah tampilan menu, seperti foto, nama dan deskripsi menu, hingga pengaturan kategori, sehingga bisa memudahkan konsumen dalam melakukan pencarian menu andalan. Hal ini cukup sederhana tetapi dapat membuat pelanggan semakin setia membeli dari resto,” jelas Felicia pada sesi bootcamp Digitarasa Batch 3 yang dibawakan oleh GoFood.

Sebanyak 20  peserta Digitarasa Batch 3 terpilih setelah melalui proses seleksi ketat dari sekitar 3000 pendaftar dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year