telkomsel halo

2020, sektor Informasi dan Komunikasi tumbuh 10,58%

09:02:18 | 08 Feb 2021
2020, sektor Informasi dan Komunikasi tumbuh 10,58%
JAKARTA (IndoTelko) - Sektor informasi dan komunikasi tumbuh sebesar 10,58% (c-to-c) di tahun 2020 dibanding tahun 2019 yang tumbuh sebesar 9,42% (c-to-c).

Terminologi c-to-c: mengacu pada PDB atas dasar harga konstan kumulatif sampai dengan suatu triwulan dibandingkan periode kumulatif yang sama pada tahun sebelumnya.

“Sektor informasi dan komunikasi muncul sebagai salah satu sektor yang menjadi tulang punggung (backbone) dalam upaya bangsa untuk terus bertahan menghadapi tantangan pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020,” ujar Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi.

Mengutip Berita Resmi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), selain sektor informasi dan komunikasi, pertumbuhan kumulatif PDB positif di tahun 2020 dengan tren yang meningkat juga dicacat oleh sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebagai garda terdepan dalam penanganan krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19.

Pertumbuhan positif di sektor informasi dan komunikasi ini erat kaitannya dengan peran sebagai enabler dalam mendorong tetap berlangsungnya kegiatan operasional yang produktif di tengah pembatasan aktivitas dan mobilitas di ruang publik yang perlu dilakukan selama masa pandemi.

“Hal ini dapat dilihat dari peran signifikan internet dalam memfasilitasi masyarakat agar tetap dapat terkoneksi dalam melakukan aktivitas interaktif secara daring,” tegasnya.

Kontribusi Tertinggi
Sektor informasi dan komunikasi juga menjadi sumber pertumbuhan yang memberikan angka kontribusi positif tertinggi, yaitu sebesar 0,57% poin, bagi total minus 2,07% pertumbuhan kumulatif PDB Indonesia di tahun 2020.

“Hal ini semakin menguatkan indikasi bahwa sektor informasi dan komunikasi merupakan sektor tulang punggung utama yang menyangga pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2020 ditengah tekanan kontraksi di berbagai sektor lainnya,” ujar Jubir Dedy Permadi.

Setelah sektor informatika dan komunikasi, sumber pertumbuhan yang memberikan angka kontribusi positif tertinggi selanjutnya berasal dari sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial serta sektor jasa keuangan dan asuransi yang masing-masing berkontribusi sebesar 0,13 persen poin.

Menurut Jubir Kementerian Kominfo, ketahanan dan ketangkasan dari sektor-sektor tulang punggung ini perlu terus ditingkatkan agar dapat menjadi faktor pengungkit pivotal bagi pemulihan sektor-sektor produktif bangsa lainnya.

“Guna mewujudkan hal tersebut, Kementerian Kominfo akan terus mendorong, mengawal, dan melaksanakan program-program di sektor informatika dan komunikasi agar dapat terus konsisten menjadi enabler produktivitas bangsa, baik dalam upaya melewati tantangan pandemi COVID-19, maupun upaya percepatan transformasi digital yang mendorong transformasi ekonomi secara fundamental,” tegasnya.

Secara spesifik, BPS mencatat PDB sektor informatika dan komunikasi pada tahun 2020 konsisten mengalami pertumbuhan year-on-year (y-o-y)[1]positif, yakni sebesar 9,82 persen di kuartal I; 10,85 persen di kuartal IIl; 10,72 persen di kuartal III; dan 10,91 persen di kuartal IV.  Terminologi y-on-y mengacu pada PDB atas dasar harga konstan pada suatu triwulan dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan sektor informatika dan komunikasi yang konstan pada angka dua digit persen poin per kuartal selama masa pandemi tahun 2020 menunjukkan bahwa sektor ini mampu memanfaatkan momentum untuk meraih peluang pertumbuhan meskipun dalam situasi penuh tantangan.

“Hal ini menyematkan pesan penting bagi kita semua bahwa produktivitas bangsa dapat terus diraih dalam semangat optimisme dan kekuatan gotong royong,” ungkapnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year