Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

ASEAN jajaki kembangkan sektor TI dengan Korea Selatan

09:39:59 | 24 Jan 2021
ASEAN jajaki kembangkan sektor TI dengan Korea Selatan
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate
JAKARTA (IndoTelko) - Negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) menjajaki kerjasama pengembangan teknologi informasi (TI) terbaru dengan Korea Selatan.

"Kami menantikan dukungan dan kerja sama Republik Korea yang berkelanjutan dengan ASEAN di bidang teknologi baru, seperti 5G, Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), serta data terbuka atau open data," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate pada Sesi Dialog Virtual Menteri Digital ASEAN dengan Menteri Sains dan TIK Republik Korea, Choi Ki Young dalam 1st ASEAN Digital Ministers’ Meeting (ADGMIN), belum lama ini.

Menurut Menteri Kominfo, kerja sama itu akan memungkinkan integrasi dan berbagi pengetahuan di antara negara ASEAN. "Inisiatif ini penting untuk menghasilkan integrasi data, jaringan (network), dan kecerdasan buatan (AI) atau yang disingkat DNA yang lebih kuat dan akan sangat berkontribusi pada proses berbagi pengetahuan di kawasan ASEAN dan lintas batas," jelasnya.

Bahkan, Menteri Johnny menilai ASEAN-Korea ICT Cooperation Plan yang telah diadopsi dalam perteman ADGMIN sangat relevan dengan program-program strategis Indonesia di bidang transformasi digital. "Termasuk pembangunan Pusat Data Nasional dan deployment 5G yang akan dimulai tahun ini," tuturnya.

Menurut Menteri Kominfo, para Menteri ASEAN menyampaikan apresiasinya kepada Korea Selatan untuk dukungannya sepanjang tahun 2020 dalam hal pembangunan kapasitas digital ASEAN. "Menteri Digital ASEAN memberikan penghargaan yang tulus kepada Republik Korea atas kontribusinya terhadap pengembangan kapasitas digital ASEAN, melalui peningkatan konektivitas, pengembangan sumber daya manusia, dan keamanan informasi sepanjang tahun 2020," ungkapnya.

Meskipun demikian, Menteri Johnny menekankan pentingnya aliran data lintas batas dalam proses yang terbuka dan memperhatikan regulasi yang dianut masing-masing negara.

"Cross border data flow dalam kerangka implementasi open data dan integrasi Data, Network, dan AI (DNA) harus dilakukan dengan memperhatikan kerangka regulasi masing-masing negara yang berkolaborasi", tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Digital ASEAN menyepakati kerangka kerja sama bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan tiga mitra strategis ASEAN, yaitu Amerika Serikat, Tiongkok dan India.

Paket Semangat Kemerdekaan
Kemitraan Strategis ASEAN-Tiongkok, menyatakan lingkup kerja sama di bidang digital mencakup beberapa isu dan platform teknologi, termasuk pengembangan smart city dan transformasi digital.

Dengan India, para menteri digital ASEAN mengadopsi 2021 ASEAN-India ICT Work Plan yang dapat mendukung implementasi dari ASEAN Digital Masterplan 2025.

Termasuk pembentukan National Knowledge Network, capacity building dan knowledge sharing di bidang Internet of Things (IoT) dan 5G, TIK dalam penanganan bencana alam, dan lainnya.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year