telkomsel halo

DIPASAR permudah belanja di pasar tradisional

08:48:13 | 10 Nov 2020
DIPASAR permudah belanja di pasar tradisional
JAKARTA (IndoTelko) - Aplikasi diPASAR secara resmi membuka akses bagi para pedagang pasar tradisional untuk meningkatkan daya saing mereka di era digital, dan meningkatkan daya tarik bagi pembeli di beberapa kota.

Peluncuran aplikasi diPASAR diadakan di Gedung Pakuan Bandung Bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto pada pertengahan tahun.

November ini, diPASAR akan meluncurkan produknya di wilayah Cirebon dan beberapa wilayah di Jawa Barat hingga Desember 2020.

Startup diPASAR diluncurkan di Kota Bandung sebagai langkah awal perjalanan aplikasi diPASAR.

Peluncuran aplikasi diPASAR ini juga merupakan bagian dari tanggapan atas saran Presiden Joko Widodo kepada Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) dan Induk Koperasi Pedagang Pasar (INKOPPAS) untuk memanfaatkan aplikasi online dalam proses digitalisasi pasar. Dengan memberikan akses melalui aplikasi diPASAR maka dapat membuka kesempatan bagi tiap rumah yang ada di Kota Bandung untuk membeli kebutuhan sehari-hari dari pedagang Pasar tradisional secara online.

Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing pedagang di pasar tradisional seluruh Indonesia dan mengembalikan ketertarikan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian melalui pembelian di pasar tradisional. Bertujuan meningkatkan daya saing pasar tradisional di era digital, diPASAR melihat adanya potensi dari pasar tradisional sebagai wadah pemenuh kebutuhan masyarakat yang tersebar secara merata di seluruh wilayah di Indonesia terutama di kota-kota besar.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, Pemerintah daerah membentuk aturan PSBB di tiap daerah di Indonesia. Selain membantu pelanggan, aplikasi diPASAR ini juga diharapkan mampu membantu para pedagang pasar tradisional agar usaha mereka dapat bertahan di masa pandemi.

Sebagai bentuk lain dari digitalisasi pasar tradisional, aplikasi diPASAR juga memberikan akses bagi pelanggan untuk melakukan transaksi secara langsung di pasar tradisional dengan menggunakan sistem cashless atau melalui pembayaran digital.

Dengan adanya proses digital di Pasar tradisional ini juga mampu menjadi akses kontrol dan pengawasan atas supply dan harga dari kebutuhan dasar masyarakat Indonesia.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year