telkomsel halo

Cisco segarkan Webex

09:37:58 | 08 Okt 2020
Cisco segarkan Webex
JAKARTA (IndoTelko) — Cisco memberikan penyegaran terhadap Webex dengan tujuan menciptakan pengalaman rapat 10x lebih baik.

Menurut survei, 58% orang mengatakan bahwa mereka tetap akan bekerja secara remote atau dari jarak jauh selama kurang lebih 8 hari atau lebih per bulannya, meski pandemi telah selesai. Jadi, sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan pengalaman video meeting yang baik.

Webex memiliki fitur yang membantu pengguna sebelum, selama, dan setelah rapat, diantaranya:

· Tampil saat meeting sesuai yang diharapkan. Ketika pengguna sedang menunggu di lobi sebelum diizinkan masuk ke rapat, pengguna dapat mengatur penampilan mereka terlebih dahulu. Cisco telah memperbesar tampilannya di layar sehingga pengguna bisa melihat lebih jelas bagaimana latar belakang akan muncul saat video meeting. Selain itu, Cisco juga sudah menambahkan lebih banyak pilihan untuk latar belakang virtual.

· Tidak perlu lagi bingung menggunakan fitur yang ada. Desain baru dan elegan Cisco telah menempatkan control fitur di tempat yang paling strategis tanpa menutupi video pengguna, atau konten yang sedang dibagikan saat video meeting. Kontrol atas fitur yang tersedia bahkan menyesuaikan dengan ukuran layar pengguna. Ingin mengobrol dengan seseorang? Arahkan kursor ke pengguna yang dituju. Perlu mengubah audio? Arahkan kursor ke diri sendiri. Sesederhana itu.

· Atur Sesuai Kebutuhan. Apabila pengguna tidak suka tampilan kotak abu-abu untuk lawan bicara dalam meeting yang sedang tidak memakai video, maka sekarang pengguna bisa melakukan pengaturan agar Webex menyembunyikan peserta yang tidak menggunakan video. Ini hanya salah satu dari banyak opsi baru yang bisa disesuaikan dengan preferens pengguna dalam Webex. Pengguna hanya perlu menyesuaikannya sekali, dan dapat menikmati pengaturan tersebut dalam rapat-rapat selanjutnya.

· Hilangkan kebisingan di latar belakang. Suara yang mengganggu pada saat pelanggan melakukan Webex meeting akan sepenuhnya hilang. Pada akhir bulan ini, teknologi dari BabbleLabs yang telah diakuisisi Cisco akan menghentikan suara bising di latar belakang pengguna, serta menyempurnakan suara speaker sehingga pengguna dapat mendengar dengan lebih jelas. (Baca siaran pers terkait di sini.)

Cisco memberikan data dan perangkat yang dibutuhkan pelanggan untuk mempersiapkan kembalinya ke kantor, sebagai berikut:

· Sensor lingkungan yang lebih banyak di perangkat Webex
Cisco telah mempelopori penggunaan sensor dalam perangkat kolaborasi untuk menempatkan environmental data points atau sejumlah titik data pada lingkungan sekitar lokasi perangkat kolaborasi lingkungan yang bisa digunakan untuk memastikan tempat kerja aman dan nyaman.

Tentunya data dari sensor ini akan menjadi penting bagi pengguna, petugas TI, dan pakar pengalaman pekerja. Sebelumnya, Cisco telah mengumumkan ketersediaan sensor yang dapat mendeteksi tingkat kebisingan sekitar dan menghitung jumlah orang di suatu ruangan. Sensor ini, serta data yang dikumpulkannya, menjadi lebih penting sekarang karena mereka dapat mengidentifikasi ruangan yang kurang optimal pemanfaatannya atau bahkan dalam kondisi terlalu penuh.

Sensor tambahan sekarang juga akan mengumpulkan data tentang suhu ruangan, kelembaban, kualitas udara dan cahaya. Selain itu, Cisco telah meningkatkan kemampuannya dalam menghitung orang menjadi lebih pintar.

Berkat machine learning atau pembelajaran mesin, Webex akan membantu memastikan kepatuhan terhadap batas kapasitas ruangan, dan menghitung orang apakah mereka memakai masker wajah atau tidak, di mana pun mereka berada di dalam ruangan. Webex juga bisa mengidentifikasi environmental roadblocks atau sesuatu yang menghalangi kinerja pekerja dalam ruang kerja, sehingga perusahaan pun bisa mengambil tindakan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pengalaman rapat, baik untuk peserta di kantor maupun jarak jauh.

·Webex Room Navigator
Perusahaan membutuhkan pendekatan baru untuk mengelola penggunaan ruang pertemuan demi memastikan keamanan dan mengoptimalkan penggunaan. Cisco hari ini mengumumkan dua versi Webex Room Navigator baru. Ini adalah perangkat yang dibuat khusus, dengan semua sensor yang disebutkan di atas. Perangkat ini terletak di dalam atau di luar ruang rapat untuk menyediakan layanan pengelolaan ruangan yang pintar, booking atau pemesanan ruangan yang aman bagi pengguna sekaligus data mendalam untuk petugas TI dan manajer fasilitas.

Model out-of-room memudahkan proses pencarian dan booking atau pemesanan tempat untuk melakukan rapat. Selain itu, model ini juga dengan jelas menunjukkan kapan sebuah ruangan dapat dipakai dan mengubah status menjadi ‘dipesan’ (booked) ketika pengguna masuk. Perangkat ini dapat diaktifkan dengan sentuhan, atau untuk menghindari sentuhan pada permukaan yang mungkin terkontaminasi, pengguna cukup menggunakan suara. Model in-room memberikan peringatan untuk jarak sosial, jadwal pembersihan, dan lainnya, sekaligus memungkinkan Anda memesan dari dalam ruangan. Kedua versi memiliki mode papan tanda digital, sehingga perusahaan dapat menggunakan layar untuk menyampaikan informasi penting. Bahkan, teknologi "no-show" yang tersedia secara built-in bisa mendeteksi jika tidak ada yang muncul untuk menghadiri rapat dan akan otomatis membebaskan ruangan agar bisa digunakan oleh tim lain.

· Webex Control Hub: Analisis tempat kerja yang mendalam dan dapat ditindaklanjuti.
Survei Cisco menemukan bahwa perusahaan yang bisa melakukan pengukuran tingkat penggunaan ruangan hanya kurang dari setengah. Ini berarti mereka tidak memiliki visibilitas cukup untuk mengatur jadwal pembersihan ruang yang tepat misalnya. Ini merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian khusus pekerja saat mereka akan kembali ke kantor. Webex Control Hub menyediakan visibilitas yang dibutuhkan ini dan juga memberikan wawasan historis tentang pemanfaatan dan metrik lingkungan ruangan, antara lain seperti apakah ruangan sudah dipesan tapi tidak digunakan, rata-rata pemakaian ruangan, dan tingkat suara bising di sekitar ruangan. Wawasan ini memberikan informasi yang dapat ditindaklanjuti bagi pengambil keputusan di tempat kerja untuk mengoptimalkan pemanfaatan gedung.

Integrasi dengan Mitra: Nilai tambah yang diharapkan bisa melindungi pekerja lebih jauh.
Cisco mengumumkan tiga integrasi:

· Penggunaan Appspace untuk digital signage atau papan tanda digital dan komunikasi tim. Appspace bisa digunakan untuk digital signage atau papan tanda digital dan juga untuk komunikasi tim yang dinamis dan modern. Komunikasi tim bisa dilakukan baik di kantor maupun di rumah untuk pekerja dengan Webex Desk Pros. Selain itu, Appspace juga terintegrasi dalam Control Hub sehingga sangat mudah untuk disiapkan,

· Wawasan kolaborasi dengan Vypota. Dapatkan wawasan yang lebih mendalam dan bisa dengan mudah ditindaklanjuti, tanpa memandang orang, ruang, dan teknologi yang digunakan untuk kolaborasi, baik di kantor maupun jarak jauh. Dengan dukungan Vyopta untuk Cisco dan teknologi UC pihak ketiga, pengguna bisa merencanakan kembalinya pekerja ke kantor dengan aman dan mengoptimalkan pengalaman kolaborasi secara cerdas.

· Menemukan jalan dengan MazeMap. Jika ruang rapat Anda sudah mencapai batasan kapasitas sesuai aturan jarak sosial yang aman, integrasi Cisco dengan MazeMap dapat membantu mengidentifikasi ruang tambahan terdekat yang tersedia dan memandu pengguna ke ruang tersebut, sehingga rapat pun bisa dilanjutkan secara efisien.

“Di masa depan, pekerjaan akan menjadi hybrid: orang akan bekerja di rumah dan di kantor dengan tingkat intensitas yang berbeda, tergantung pada jenis pekerjaannya. Misi kami adalah membuat pengalaman Webex 10x lebih baik daripada interaksi tatap muka secara langsung. Dan ketika orang-orang berinteraksi secara langsung, kami ingin Webex membuat pengalaman itu menjadi 10x lebih baik dibanding sebelumnya. Tentunya melalui penggunaan perangkat kolaborasi dan perangkat lunak kami yang sangat terintegrasi. Inovasi kami ini merupakan langkah besar untuk menyediakan kolaborasi mulus sekaligus memungkinkan orang untuk bekerja dari jauh atau secara remote dengan  lebih aman. Di sisi lain, inovasi kami ini juga memberikan pengalaman kerja hybrid yang cerdas agar orang bisa kembali ke kantor dengan aman,” kata SVP dan GM, Grup Keamanan & Aplikasi, Cisco Jeetu Patel.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year