telkomsel halo

Tri akomodasi tren wisata virtual

05:02:33 | 09 Jul 2020
Tri akomodasi tren wisata virtual
JAKARTA (IndoTelko) - Momen liburan sekolah di tengah pandemi COVID-19 membuat anak muda Indonesia harus menjalani liburan di rumah saja.

Untuk mengusir kebosanan dan kekecewaan karena harus menghabiskan liburan dari rumah, beraktivitas dan mencari hiburan di ruang digital dapat menjadi pilihan. Salah satu kegiatan yang sedang trending saat ini adalah liburan virtual melalui tur online di berbagai situs pariwisata.

Setiap situs pariwisata menawarkan pengalaman liburan virtual dengan fitur yang berbeda-beda. Ada situs yang menggunakan foto 360 derajat, teknologi street view, ataupun berbasis video review.

Untuk membantu memilih fitur liburan virtual selama liburan sekolah ini, operator 3 Indonesia (Tri) telah melakukan uji coba internal terbatas terkait konsumsi data terhadap beberapa tur virtual populer.

Hasilnya, rata- rata kebutuhan kuota untuk jalan-jalan virtual menggunakan foto 360 derajat sebesar 120 MB. Sementara rata- rata kebutuhan kuota untuk jalan-jalan virtual menggunakan teknologi Street View sebesar 30 MB. Semua itu dengan konsumsi data dalam mencoba fitur-fitur dari situs pariwisata selama 30 menit.

Street view technology yang mengandalkan GPS dan rangkaian gambar menjadi fitur liburan virtual yang paling hemat data. Di sisi lain streaming video menjadi fitur yang paling banyak mengonsumsi data karena kualitas tampilan gerak yang tinggi.

“Tur virtual memberikan hiburan bagi kita dan keluarga yang harus menunda rencana perjalanan ketika liburan sekolah sekarang ini. Dengan fitur-fitur seperti teknologi street view dan video 360 derajat, kita dapat membayangkan bagaimana rasanya menelusuri tempat wisata favorit tanpa harus keluar dari rumah. Kami berharap teknologi dan produk kami dapat membantu pelanggan kami menikmati liburan virtual mereka,” kata Chief Technical Officer Hutchison 3 Indonesia Desmond Cheung.

Pada bulan April kemarin, 3 Indonesia juga telah menyiapkan teknologi pendukung jaringan seperti Dynamic Spectrum Sharing  (DSS) dan Core Network Function Virtualization (NFV) yang akan mengoptimalkan kapasitas koneksi 4.5G Pro serta meningkatkan kecepatan jaringan hingga 8x. Dengan dukungan teknologi tersebut, pengguna dapat menikmati streaming konten-konten digital seperti foto street view dan video 360 derajat yang lebih lancar.

Selain itu, untuk menyiasati kebutuhan data liburan virtual, 3 menawarkan paket data dengan kuota lebih besar yang aktif selamanya yaitu AlwaysOn 8GB dan 16GB yang bisa memenuhi semua kebutuhan berinternet setiap hari (24 jam) di semua Jaringan 3 Indonesia.

“Jaringan 4.5G Pro kami sudah hadir di 33.000 desa di seluruh Indonesia. Kami berharap layanan ini dapat membantu jutaan masyarakat Indonesia beradaptasi di masa new normal ini dengan menambah wawasan lewat sarana virtual,” ujar Desmond.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year