Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Ini aplikasi untuk silaturahmi virtual

08:59:39 | 24 May 2020
Ini aplikasi untuk silaturahmi virtual
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Lebaran tahun ini akan terasa jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya Lebaran menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar dan mengunjungi kerabat serta sahabat, maka kebiasaan tersebut tidak bisa kita lakukan demi mencegah penyebaran wabah COVID-19. Pemerintah sudah menghimbau masyarakat di perkotaan untuk tidak mudik ke kampung halaman menjelang lebaran tiba dan menahan diri untuk tetap #dirumahaja.

Agar penyebaran wabah tidak semakin meluas, kita pun perlu mendukung himbauan tersebut untuk berlebaran di rumah alias tidak bepergian ke kampung halaman. Namun bukan berarti situasi saat ini akan menutup tali silaturahmi karena kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk tetap tersambung dengan kerabat selama momen Lebaran #SejernihDepanMata tahun ini.

Panggilan video menjadi cara efektif agar kamu bisa merasakan pengalaman bersilaturahmi virtual saat Lebaran 2020. Meski jarak memisahkan, kamu tetap bisa saling menyapa ke beberapa orang sekaligus. Kamu hanya perlu memanfaatkan beberapa platform panggilan video yang dapat menampung banyak orang sekaligus tanpa batas waktu dan gratis.

Berikut beberapa aplikasi video tatap muka yang bisa menjadi pilihan untuk melepas rindu pada keluarga di kampung halaman pada momen hari Kemenangan nanti:

1. WhatsApp
Aplikasi ini pasti sudah familiar bagi hampir sebagian besar pengguna smartphone. Selain untuk berkirim pesan teks atau menelepon, aplikasi messenger ini juga menyediakan fitur video call. Seiring dengan meningkatnya penggunaan layanan video call conference, WhatsApp menambah kapasitas jumlah peserta hingga bisa menampung 50 orang dalam sekali panggilan video.  Fitur ini sebelumnya hanya bisa menampung delapan orang dan kini semakin mempermudah untuk bersilaturahmi virtual ke keluarga besar kamu. Untuk menikmati fitur ini  bisa dengan cara mengunduh aplikasi WhatsApp beta versi 2.20.163 dari sumber terpercaya.

2. Messenger
Aplikasi yang masih bersaudara dengan WhatsApp ini juga bisa menjadi alternatif untuk bersua virtual lewat smartphone. Fitur terbaru Messenger Room yang ada di aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat ruang panggilan video secara gratis yang bisa menampung hingga maksimal 50 orang.  Facebook, perusahaan pembuatnya, kini terus melakukan pembenahan sehingga mungkin saja belum semua pengguna bisa menikmati layanan video call dalam jumlah banyak.

Paket Phoenix
3. Google Duo
Google Duo juga bisa menjadi pilihan lain untuk tetap bisa bersilaturahmi secara digital bersama keluarga pada momen Lebaran tahun ini. Google baru saja telah meningkatkan jumlah peserta dalam panggilan videonya dari 8 menjadi 12 orang. Google Duo sangat menguntungkan jika kamu adalah pengguna smartphone Android, karena aplikasi ini biasanya sudah terpasang secara otomatis sehingga tidak perlu repot untuk mengunduhnya.

4. Google Hangouts
Aplikasi ini sejatinya bisa dipakai untuk video call hingga 250 orang melalui perangkat smartphone atau maupun website. Nah, Google masih menggratiskan layanannya untuk berkomunikasi video hingga September mendatang dengan kapasitas 16 orang. Kalau kamu ingin mengakses layanan ini melalui ponsel, maka unduh aplikasi Google Hangouts Meet terlebih dahulu. Jika ingin mengakses lewat website, kamu perlu masuk ke situs Google Meet.

5. LINE Group Call
Aplikasi messenger LINE, yang banyak dipakai oleh para pengguna muda, juga menyediakan fitur untuk video call. Kamu bisa memanfaatkan fitur LINE Group Call yang untuk kumpul bareng secara daring hingga 200 orang secara bersamaan. Jadi saat kamu tidak bisa mudik untuk berlebaran dan bersilaturahmi dengan kerabat di kampung, LINE Group Call ini dapat menjadi solusinya. Selain untuk perangkat mobile, kamu juga dapat mengaksesnya dari komputer.(pg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan