Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Mastel sarankan sektor TIK dapat insentif atasi dampak Covid-19

12:19:00 | 05 May 2020
Mastel sarankan sektor TIK dapat insentif atasi dampak Covid-19
Kristiono
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) menyarankan ke pemerintah untuk memberikan insentif bagi pelaku usaha dan industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Ketua Umum Mastel Kristiono menyatakan hal tersebut dalam surat yang dikirimkannya pada 28 April 2020 ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Bapak Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Bapak Johnny G. Plate, dan Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani Indrawati

Kristiono menjelaskan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mengalihkan hampir semua kegiatan ke ranah online. Di satu sisi terjadi kenaikan trafik internet/telekomunikasi yang mengindikasikan sektor ini mendapat untung dari terjadinya wabah. Namun, jika dicermati faktanya secara teliti, yang naik adalah trafik yang harus dimurahkan. Sedangkan trafik dari pelanggan korporat yang berkontribusi kepada pendapatan yang lebih besar justru menurun signifikan.

"Karena itu MASTEL mendukung para anggota yang sedang mengajukan permohonan kepada Pemerintah dan memaklumi situasi yang memberatkan para anggota," katanya.

Seperti diketahui, beberapa anggota Mastel telah berkirim surat ke pemerintah untuk meminta insentif. Misalnya, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Organisasi Penyiaran Indonesia (OPI), Asosiasi Satelit Seluruh Indonesia (ASSI), atau Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL).

"Selain mendukung diberikannya relaksasi berupa penundaan pembayaran PNBP sesuai usulan para pelaku industri telekomunikasi tersebut di atas, MASTEL juga mengusulkan agar pemerintah menerbitkan regulasi perihal layanan Apps/OTT (Over The Top), agar tercipta praktik persaingan yang sehat, berkeadilan dan memenuhi kewajiban pajak kepada negara. Utamanya Apps/OTT dari luar Indonesia yang mendapat keuntungan dari masyarakat dan Wilayah Indonesia," pungkasnya.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan