Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Telkomsel tembus posisi 10 besar penerbit aplikasi terbaik di ASEAN

12:40:00 | 31 Mar 2020
Telkomsel tembus posisi 10 besar penerbit aplikasi terbaik di ASEAN
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Telkomsel berhasil menembus posisi 10 besar sebagai penerbit aplikasi terbaik di Asia Tenggara (ASEAN) versi App Annie Top Publisher Award.

Telkomsel Indonesia sukses menembus daftar 10 Besar (peringkat ke-9) melalui sederet layanan pilihan pembayaran, konten terintegrasi, serta gaming.

Di Asia Tenggara, kalangan penerbit aplikasi terbaik berasal dari Vietnam, Indonesia, dan Singapura. Para penerbit aplikasi ini memimpin kiprah transformasi seluler dengan membuat terobosan di tengah merek-merek besar. Mereka bergabung dengan para pemain global yang sudah lebih mapan, dan segera menjadi unicorn di negaranya masing-masing.

Sea asal Singapura mempertahankan posisi terbaik di Asia Tenggara dalam hal jumlah unduhan. Di saat bersamaan, Sea mampu menembus daftar global dan menduduki posisi ke-37 dalam daftar 52 Besar berdasarkan nilai belanja konsumen.

Pasar mobile-first di Vietnam mengungguli negara-negara lain di Asia Tenggara dengan menyumbangkan empat penerbit aplikasi—Amanotes, OneSoft, VNG dan BACHASoft.

"Kami mengucapkan selamat kepada sekelompok penerbit aplikasi seluler terkemuka yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Tiga penerbit aplikasi seluler terbaik, yakni Tencent, Netease dan Activision Blizzard, mempertahankan posisi kepemimpinannya, sementara, tujuh merek baru berhasil menembus peringkat 52 Besar," ujar Chief Executive Officer, App Annie Theodore Krantz.   

Paket Phoenix
Dikatakannya, para penerbit aplikasi seluler dari Asia kembali mendominasi peringkat tahun ini. Lebih dari setengah penerbit aplikasi terbaik berkantor pusat di Asia, termasuk lima penerbit aplikasi dalam daftar 10 besar. Amerika Serikat berada di posisi teratas sebagai negara asal penerbit aplikasi terbaik, yakni menyumbangkan 17 penerbit aplikasi.

Para penerbit game terus mendominasi daftar tersebut. Mereka menguasai 72% nilai belanja di gerai aplikasi pada 2019. Merek-merek media sosial ternama, mixi dan Line, memimpin monetisasi di gerai aplikasi berkat kesuksesan aplikasi game dan hiburan mereka. Pendapatan dari paket langganan melampaui pertumbuhan pasar secara keseluruhan, sejalan dengan perkembangan aplikasi hiburan dan kencan. IAC dan Netflix menempati posisi teratas pada 2020. 

Daftar 52 penerbit aplikasi seluler terbaik disusun dengan menggabungkan perkiraan pendapatan dari iOS dan Google Play dalam kurun waktu 1 Januari 2019-31 Desember 2019. Pemeringkatan tersebut tidak mencakup pendapatan yang berasal dari media periklanan pada aplikasi, aktivitas jual-beli, atau pembayaran di luar app store.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan