telkomsel halo

Satelit LAPAN sebarkan pesan `Lawan Corona`

04:45:36 | 23 Mar 2020
Satelit LAPAN sebarkan pesan
JAKARTA (IndoTelko) - Satelit karya anak bangsa LAPAN-A2/LAPAN-ORARI turut mendukung gerakan melawan virus COVID-19.

Satelit generasi kedua ini menyebarkan pesan teks “Tetap Sehat, Tinggal di Rumah #LawanCorona”. Demikian disampaikan Peneliti Pusat Teknologi Satelit, Sonny Dwi Harsono, Jumat (20 /3).

Dijelaskan Sonny, aksi ini merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah tentang social distancing. Kebijakan tersebut menganjurkan kita semua untuk mengurangi aktivitas di luar rumah serta interaksi dengan orang lain.

“Jadi pesan ini dikirimkan oleh satelit LAPAN A2 melalui beacon APRS (Automatic Packet Reporting System) yang dipancarkan ke seluruh wilayah Indonesia. APRS ini merupakan sistem komunikasi berbasis teks pesan pendek seperti SMS pada handphone. Namun pesan APRS ini hanya dapat diterima melalui HT (Handie Talkie) yang memiliki penerima pesan APRS tersebut,” tuturnya seperti dikutip dari laman resmi milik Lapan (22/3).

Sonny memaparkan, pesan yang sudah disebarkan bisa diterima oleh siapa pun dengan mengatur frekuensi radio HT ke 145.825 MHz. Hingga saat ini pesan lawan corona sudah diterima oleh puluhan anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penyebaran pesan “Tetap Sehat, Tinggal di Rumah #LawanCorona”, dilakukan mulai 20 Maret 2020. Untuk saat ini penyebaran pesan dilakukaan pada misi APRS saja. Namun pihaknya akan mencoba menyebarkan pesan tersebut per satu kali lintasan LAPAN-A2/LAPAN-ORARI setiap 100 menit.

“Nanti jika memungkinkan, kita coba sebarkan 24 jam nonstop setiap 100 menit dalam keadaan tertentu. Saat ini kami sedang mendiskusikan teknisnya. Pesan-pesan dari pemerintah pun dapat disebarkan melalui satelit LAPAN-A2,” pungkasnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year