Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Indosat Ooredoo lakukan Field Trial teknologi OpenRAN

05:00:47 | 11 Mar 2020
Indosat Ooredoo lakukan Field Trial teknologi OpenRAN
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)– Indosat Ooredoo bekerja sama dengan Telecom Infra Project (TIP) dan dengan dukungan penuh dari GSMA, hari ini mengumumkan akan menerapkan teknologi OpenRan di Indonesia untuk menciptakan efektivitas biaya dan mempercepat pemerataan digital.

Indosat Ooredoo akan menjadi operator pertama yang mendapatkan dukungan penuh dari GSMA untuk menyelenggarakan uji coba lapangan (field trials) OpenRAN di Asia, yang akan diselanggarakan pada bulan April 2020.

Uji coba lapangan juga akan dilakukan di BTS USO yang terletak di wilayah terdepan, terluar, tertinggal (3T) di Indonesia setelah nanti pada evaluasi terhadap uji coba awal menunjukan hasil positif.

Secara paralel dengan uji coba lapangan teknologi OpenRAN, Indosat Ooredoo juga berkomitmen untuk bekerja bersama dengan industri di Indonesia untuk membentuk TIP Community Lab pertama di Asia Tenggara pada kuartal ke-2 tahun ini. Community Lab akan menjadi platform netral bagi komunitas telekomunikasi Indonesia & anggota TIP dapat secara kolaboratif menguji dan memvalidasi interoperabilitas teknologi TIP ini terhadap kebutuhan operator, yang akhirnya akan mempercepat penyebaran dan kesiapan pasar dari teknologi ini.

Paket Phoenix
"Bersama dengan TIP dan rekanan di Indonesia, kami bertujuan untuk membangun ekosistem lokal yang selanjutnya dapat menopang pengembangan, penyebaran solusi inovatif, dan penghematan biaya untuk operator Indonesia, serta berkontribusi terhadap penggerak pembangunan sosial-ekonomi Indonesia," kata President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama.

Head of Asia Pacific GSMA, Julian Gorman, mengaku senang melihat bagaimana operator di Indonesia memimpin dalam mendorong transformasi digital, untuk mengevaluasi dan menuai manfaat dari solusi inovatif, sambil mendukung pengembangan ekonomi digital negara. Ini juga merupakan langkah penting untuk wilayah Asia Pasifik yang akan dijadikan referensi bagi operator lain untuk mengeksplorasi inovasi teknologi jaringan bagi peningkatan keragaman, keamanan dan fleksibilitas dalam rantai pasokan mereka.

Executive Director, TIP Attilio Zani, mengatakan hanya melalui kolaborasi dapat mempercepat laju inovasi dalam jaringan telekomunikasi. "Kami senang melihat komunitas telekomunikasi Indonesia bekerja sama untuk tujuan ini. Ini adalah awal dari perjalanan transformasi di Indonesia, karena komunitas telekomunikasi dan masyarakat Indonesia menuai manfaat dari solusi TIP yang dipimpin dan disebarkan secara lokal, serta ekosistem pasokan yang lebih kuat. Kami berharap bisa membawa pengetahuan dan keahlian komunitas TIP untuk mendukung perjalanan transformasi Indonesia," katanya.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan