telkomsel halo

Ini rencana kerja MASTEL di 2020

02:59:05 | 18 Dec 2019
Ini rencana kerja MASTEL di 2020
Ketua Umum Mastel Kristiono
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) memiliki sejumlah rencana kerja yang akan direalisasikan pada 2020 mendatang.

"Sebagai organisasi yang mewadahi masyarakat telematika, dengan fokus perhatian pada industri digital yang terus mengalami perkembangan, maka penting bagi MASTEL untuk secara periodik melakukan pembacaan atas konteks yang mempengaruhi kerja-kerja MASTEL ke depan, yang mencakup politik dan hukum, ekonomi, serta sosial budaya," kata Ketua Umum Mastel Kristiono dalam keterangan kemarin.

Dikatakannya, dengan pertimbangan situasi tersebut, serta meninjau apa yang menjadi kekuatan internal organisasi, maka MASTEL menyepakati ada dua target perubahan besar yang ingin diupayakan di tahun 2020, yaitu mendorong dan mempengaruhi kebijakan seputar telematika dan industri digital, terutama terkait rancangan kebijakan yang menjadi fokus perhatian mencakup: draft RUU Penyiaran, draft RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP), draft RUU Ketahanan dan Keamanan Siber, dan draft RUU Telekomunikasi.

Berikutnya, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) digital dalam bentuk pembelajaran vokasi melalui platform e-learning dengan modul kompetensi yang relevan mendukung kegiatan ekonomi digital.

Rencananya dua target perubahan tersebut, akan didorong melalui empat agenda kerja strategis MASTEL tahun 2020, yaitu: implementasi platform katapubik.id sebagai ruang agregasi opini publik dalam rangka mendorong kebijakan dan regulasi yang lebih relevan dan menyehatkan industri, serta mengawal kepentingan nasional dan perlindungan warga negara.

Berikutnya, implementasi platform digitalacademy.id sebagai wadah pengembangan SDM digital, dengan memfasilitasi magang untuk lulusan DTS, menyediakan modul bab khusus yang up-to-date seperti security awareness dan data science, dan menyediakan paket modul yang diadopsi dan modifikasi dari paket digital talent scholarship.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year