telkomsel halo

Broadband menjadi variabel utama membuka lapangan kerja baru

04:08:17 | 03 Dec 2019
Broadband menjadi variabel utama membuka lapangan kerja baru
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad M. Ramli
JAKARTA (IndoTelko) - Broadband atau konektivitas pita lebar merupakan variabel utama dalam pertumbuhan lapangan kerja baru.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad M. Ramli mencontohkan layanan transportasi online GoJek yang telah membuka lapangan pekerjaan bagi jutaan orang, sebagai mitra pengemudi hingga menciptakan layanan baru dalam pengiriman makanan dan juga barang.

“Variabel utamanya adalah broadband, connected atau konektivitas. Begitu ada penetrasi broadband, Go-Jek mengambil alih dengan aplikasi transportasi online. Sekarang berapa juta orang terhubung menjadi driver Go-Jek dan berapa juta orang setiap harinya terhubung dengan (layanan) Go-Jek itu sendiri. Pekerjaan-pekerjaan baru tumbuh,” jelasnya belum lama ini. 

Diungkapkannya, hasil studi di Amerika menunjukkan investasi broadband yang sangat gencar melahirkan 150 ribu jenis lapangan kerja baru. Pertumbuhan penetrasi broadband 2% pun berbanding lurus dengan peningkatan penyerapan tenaga kerja sebesar 0,22%.

“Jadi, kalau 2% broadband-nya naik, maka pengangguran akan turun 0,22%. Sekarang kalau kita bicara angka pengangguran, turun cukup drastis karena banyak yang tadinya tidak jelas pekerjaanya, menjadi driver Grab, Go-Jek, dll. Itu artinya penyerapan yang sangat luar biasa,” jelasnya.

Dia optimistis  jika infrastruktur broadband terus didorong, akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi digital.

“Urat nadi nyawa ekonomi digital salah satunya adalah konektivitas. Pertumbuhan Indonesia kan sekarang 5%, tetapi kalau broadband ini kita pacu kemudian kita guyur terus dengan infrastruktur yang positif, maka pertumbuhan ekonomi otomatis akan naik. Yang dulunya UKM itu ada di pelosok di Ciamis, Papua, di NTT, Makassar, sekarang semuanya bisa terkoneksi berkat marketplace. Itu dasarnya broadband,” jelasnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year