telkomsel halo

Nokia uji coba drone untuk peringatan tsunami di Sendai

11:42:13 | 19 Nov 2019
Nokia uji coba drone untuk peringatan tsunami di Sendai
JAKARTA (IndoTelko) - Nokia dan Pemerintah kota Sendai menguji efektivitas drone menggunakan jaringan broadband seluler private LTE untuk pencegahan dan mitigasi bencana. Uji coba dilakukan di kawasan pantai Sendai yang sebelumnya terkena bencana tsunami 18 November 2019.

Pemerintah kota Sendai dan Nokia berhasil melakukan uji coba drone Nokia dalam jaringan private LTE yang didukung oleh Nokia Digital Automation Cloud. Nokia dan Pemerintah Kota Sendai melakukan simulasi bencana untuk menguji kemampuan penggunaan drone selama terjadi tsunami atau bencana lain untuk membantu upaya pencegahan dan mitigasi. Uji coba tersebut membuktikan bahwa penggunaan jaringan private LTE untuk mengendalikan dan berkomunikasi melalui drone merupakan langkah yang efektif untuk meningkatkan kesadaran akan potensi bencana serta berkomunikasi dengan masyarakat yang terkena dampak selama bencana. Uji coba tersebut dilakukan untuk pertama kalinya di dunia.

“Kami sangat senang telah berhasil menyelesaikan uji coba penerbangan drone di Kota Sendai. Kami berhasil memperlihatkan efektivitas penggunaan drone dan private LTE untuk pencegahan dan mitigasi bencana. Nokia Drone Networks telah diadopsi oleh Palang Merah di Filipina sebagai infrastruktur sosial untuk operasi bantuan bencana. Melalui uji coba tersebut, kami berharap dapat berkontribusi pada pencegahan dan mitigasi bencana untuk Kota Sendai dan pemerintah daerah lainnya di Jepang," kata Head of Nokia Jepang John Harrington.

Kota Sendai merupakan kota terbesar yang berada di wilayah Tohoku, Jepang yang terletak di timur laut Tokyo di Pulau Honshu dengan populasi lebih dari 1 juta orang. Daerah di kawasan pantai Sendai hancur akibat bencana tsunami yang disebabkan oleh gempa dengan kekuatan tinggi yang dikenal sebagai The Great East Japan Earthquake pada tahun 2011, dan telah diakui secara internasional oleh PBB sebagai simbol pengurangan risiko bencana dan rekonstruksi. Dalam uji coba tersebut, disimulasikan terdapat peringatan bahaya tsunami di kawasan pantai yang berlokasi dekat Pusat Pengolahan Air Minami-Gamo di Miyagino Ward, Kota Sendai.

Nokia membangun jaringan private LTE di area sekitar Pusat Pengolahan Air Minami-Gamo dengan menggunakan teknologi digital automation cloud yang dapat dijalankan secara langsung. Dengan menggunakan speaker, kamera High Definition (HD) dan kamera termal yang dipasang pada drone Nokia, penguji dapat mengirimkan rekaman gambar dan pesan suara secara real-time serta melakukan pemantauan udara dan streaming video.

Penguji dapat turut membimbing penduduk ke lokasi evakuasi dengan menggunakan drone sebagai penunjuk arah dan memantau pergerakan mereka dengan menggunakan kamera drone. Uji coba tersebut turut menunjukkan bagaimana responden pertama dapat membantu dalam upaya pencegahan dan mitigasi bencana tanpa risiko bagi personel yang mengatur kegiatan evakuasi.

Selama simulasi bencana, para penguji dapat memberikan peringatan bahaya tsunami kepada penduduk yang tinggal di kawasan pantai melalui pengeras suara dari drone, dan memantau zona kedatangan tsunami serta daerah di sekitar pantai melalui kamera drone.

Nokia Drone Networks merupakan layanan lengkap yang terdiri dari satu atau beberapa drone yang dilengkapi kamera HD dan termal dengan gimbal, jaringan nirkabel private LTE, pusat komando dan kontrol penerbangan drone, dan aplikasi analisis video. Jaringan private LTE/4G mendukung konektivitas secara aman dan lancar, sehingga menjadikan jaringan tersebut lebih cocok untuk digunakan dalam kasus yang lebih besar dibandingkan dengan teknologi berbasis Wi-Fi yang digunakan dalam jaringan seluler publik. Kecepatan tinggi dan latensi rendah mendukung drone untuk mengoptimalkan jangkauan, memastikan kapasitas yang cukup untuk streaming video di area yang luas dan memungkinkan pemrosesan informasi yang aman. Drone juga dapat diterbangkan ke daerah berpenduduk yang minim resiko, serta memiliki kontrol yang lebih baik dalam kondisi cuaca yang sulit.

Pada tahun 2017, Nokia dan Pemerintah Kota Sendai menandatangani perjanjian kemitraan strategis untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan warga negara dan mendukung industri lokal melalui penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nokia. Uji coba drone diselenggarakan pada tanggal 9-12 November bersamaan dengan ‘World Disaster Prevention Forum/Davos Meeting @ Sendai 2019’ yang diadakan di Kota Sendai. Untuk kedepannya, melalui kemitraan tersebut Pemerintah Kota Sendai akan terus mempromosikan penggunaan teknologi Nokia untuk membantu dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan warga negara, membangun industri lokal, dan mempromosikan pengembangan teknologi perusahaan lokal.

"Penggunaan drone tampak sangat efektif untuk memastikan keselamatan dan keamanan Sendai dan sekitarnya. Uji coba yang dilakukan oleh Nokia menunjukkan bahwa kita harus dapat lebih cepat menanggapi dan memberikan informasi yang lebih baik untuk penduduk di daerah yang paling berpotensi terkena dampak selama bencana. Kami berharap Nokia Drone Networks dapat membantu mengurangi risiko bencana warga Kota Sendai," kata Sendai Mayor Kazuko Kohri.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year