Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Ini manfaat radio maritim bagi nelayan

06:08:24 | 11 Nov 2019
Ini manfaat radio maritim bagi nelayan
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Pemanfaatan radio maritim bisa melindungi para nelayan dari terjadinya bencana saat tengah melaut.

Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Dwi Handoko menyatakan manfaat lain adalah mendukung komunikasi antarnelayan tanpa mengganggu layanan telekomunikasi lain, seperti penerbangan.

“Ada dua manfaat. Pertama, untuk bagaimana nelayan melindung diri sendiri di laut dengan berkomunikasi secara benar apabila terjadi bencana atau bahaya. Kedua, bagaimana agar nelayan dalam berkomunikasi tidak mengganggu jalur komunikasi lain, seperti misalnya penerbangan. Dalam berkomunikasi menggunakan frekuensi radio harus secara benar sesuai aturan, agar tidak saling mengganggu," jelasnya saat memberikan sambutan dalam Maritime on the Spot (MOTS) di Pelabuhan Perikanan Untia, Makassar, Sulawesi Selatan, belum lama ini.

Kegiatan di Makassar merupakan bagian dari pilot project MOTS di delapan pelabuhan pada 2019. Rencananya, Kominfo  bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencanangkan Gerakan Nelayan Sadar Frekuensi Radio hingga 20 pelabuhan di 20 provinsi pada tahun 2020.

Diungkapkannya, ada tantangan cukup besar dalam mendorong nelayan untuk menggunakan frekuensi radio dengan benar. Selain banyaknya jumlah nelayan sesuai dengan data dari KKP juga membutuhkan gerakan yang massif.

"Dari KKP menyebutkan empat ratus ribu lebih kapal nelayan (ukuran di bawah 60 GT). Diperlukan gerakan secara masif dalam sosialisasi untuk mendidik nelayan menggunakan frekuensi dengan benar. Gerakan ini harus menyebar dan dapat diselesaikan dengan lancar,” papar Dwi Handoko.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma