telkomsel halo

Indonesia dianggap mampu dukung ekosistem mobil listrik

05:22:35 | 21 Okt 2019
Indonesia dianggap mampu dukung ekosistem mobil listrik
JAKARTA (IndoTelko) - Indonesia dianggap mampu menyediakan ekosistem kendaraan listrik sehingga tak perlu bergantung impor.

”Harus dipikirkan bagaimana kita membuat sebanyak mungkin di dalam negeri, agar costnya lebih murah karena market kita besar dan barang raw materialnya kita juga punya, SDM nya ada, teknologinya juga kita kembangkan bekerja sama dengan pihak luar, kalau spiritnya seperti itu, kita pasti bisa. Jadi bagaimana kita menjual kehebatan kita ini, jangan kita hanya impor saja, kita buat di dalam, jadi menciptakan nilai tambah, lapangan kerja, menambah pendapatan dari pajak dan sebagainya,” jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan, pekan lalu.

Menurutnya, mewujudkan ekosistem kendaraan listrik (penyediaan kendaraan listrik dan penyediaan Stasiun Pengisian Kelistrikan Umum/SPKLU) dinilai sangat penting. Dikarenakan tingkat polusi yang sudah semakin mengkhawatirkan, maka penggunaan kendaraan listrik secara massal adalah salah satu jawaban untuk mengurangi tingkat polusi tersebut.

“Kalau hal ini tidak kita wujudkan, maka dengan tingkat polusi yang sudah semakin parah ini, kita bisa bayangkan bagaimana dampaknya terhadap anak cucu kita, mereka nanti bisa menjadi generasi yang stunting akibat terpapar polusi. Polusi ini menjadi musuh bersama, dan salah satu yang akan kita lawan nanti adalah mengurangi polusi dari kendaraan bermotor dan salah satu caranya adalah dengan memakai kendaraan listrik,” tambahnya.

Mengacu pada Perpres no 55 tahun 2019, tentang program percepatan kendaraan listrik berbasis baterai, dimana dalam pasal 3 diberikan penugasan terhadap PLN dalam rangka penyediaan infrastruktur listrik untuk kendaraan listrik berbasis baterai.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year