telkomsel halo

Lansekap industri penyiaran akan berubah

08:19:33 | 20 Okt 2019
Lansekap industri penyiaran akan berubah
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memprediksi dalam lima tahun mendatang lansekap industri penyiaran akan mengalami banyak perubahan karena digitalisasi.

"Lima tahun ke depan, lansekap industri penyiaran akan mengalami banyak perubahan. Jadi saya tidak akan ganggu dari sisi model bisnis. Cara orang belanja iklan itu berubah, tidak lagi di televisi yang tidak fokus segmennya, akan pindah ke seluler karena seluler sudah registrasi. Ini akan terjadi cuman masalah waktu saja. Jadi, jangan diganggu lah, biarkan," kata Menkominfo Rudiantara, pekan lalu.

Menurutnya, tantangan industri penyiaran di Indonesia dihadapkan pada berkembangnya era digital karena menyajikan konten yang mudah diakses publik.  

"Dari sisi bisnis, pendapatan dari industri penyiaran di Indonesia yang swasta cari iklan itu naik cuman sedikit, kecenderungannya malah turun," jelasnya.

Rudiantara memastikan, Kominfo dalam lima tahun terakhir senantiasa merubah sistem regulasi dengan mempermudah izin kepada ekosistem apapun, termasuk industri penyiaran.

Sebelumnya, hasil monitoring iklan televisi (TV) Adstensity pada 13 stasiun tv nasional menunjukkan bahwa total belanja iklan semester I-2019 tercatat mencapai Rp60,49 triliun, atau tumbuh sebesar 10,84% dibandingkan Semester I-2018 yang mencapai Rp 54,57 triliun.

Dari sisi jumlah iklan, Semester I tahun ini tercatat ada 1.777.096 iklan tayang, atau naik 2,12% dibandingkan semester I-2018 yang mencapai 1.740.274 iklan.

Dalam hal kompetisi bisnis antar-stasiun TV, RCTI menguasai pendapatan Semester I 2019 dengan pendapatan mencapai Rp9,37 triliun, atau naik 17,26% dibandingkan pendapatannya pada semester I-2018.(ak)  

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year