Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Rudiantara prediksi startup healthtech bisa menjadi Unicorn

06:08:40 | 14 Okt 2019
Rudiantara prediksi startup healthtech bisa menjadi Unicorn
Rudiantara
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan ada peluang startup dengan valuasi US$1 miliar (unicorn) selanjutnya datang dari bidang layanan teknologi kesehatan (healthtech).

"Kehadiran teknologi memberi peluang besar untuk mempercepat serta memperluas akses dan layanan bagi masyarakat. Pemerintah dan pelaku bisnis harus bahu-membahu berbuat sesuatu agar peluang ini tidak berlalu sia-sia. Kita harus menciptakan ekosistem digital di sektor kesehatan yang kondusif dan inklusif bagi berbagai lapisan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia," ujar Rudiantara pekan lalu.   

Telkom Marketing 2
Diungkapkannya, peluang startup kesehatan dan pendidikan berpeluang menjadi unicorn selanjutnya. “Mudah-mudahan unicorn dari health technology ada. Kalau kita ramai-ramai pakai BPJS Kesehatan, bisa saja Halodoc menjadi unicorn selanjutnya,” ucapnya.

Saat ini, Halodoc memiliki 7 juta pengguna. Adapun pendanaan Halodoc telah mencapai series B+ dengan valuasi US$ 100 juta. Dalam laporan Google, Temasek, dan Bain bertajuk e-Conomy SEA 2019, ada lebih dari 70 startup yang valuasinya mendekati unicorn (aspiring unicorn) di Asia Tenggara. Mereka sudah memperoleh US$ 1,1 miliar sepanjang Semester I 2019. Sejak 2016 hingga Semester I 2019, startup ini memperoleh US$ 5,9 miliar.

Saat ini Indonesia memiliki lima Unicorn yakni Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Ovo, serta Go-Jek yang naik menjadi Decacorn (valuasi US$10 miliar).(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma