Semarak Kemerdekaan
Semarak Kemerdekaan
telkomsel halo

Rudiantara prediksi startup healthtech bisa menjadi Unicorn

06:08:40 | 14 Okt 2019
Rudiantara prediksi startup healthtech bisa menjadi Unicorn
Rudiantara
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan ada peluang startup dengan valuasi US$1 miliar (unicorn) selanjutnya datang dari bidang layanan teknologi kesehatan (healthtech).

"Kehadiran teknologi memberi peluang besar untuk mempercepat serta memperluas akses dan layanan bagi masyarakat. Pemerintah dan pelaku bisnis harus bahu-membahu berbuat sesuatu agar peluang ini tidak berlalu sia-sia. Kita harus menciptakan ekosistem digital di sektor kesehatan yang kondusif dan inklusif bagi berbagai lapisan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia," ujar Rudiantara pekan lalu.   

Semarak Kemerdekaan
Diungkapkannya, peluang startup kesehatan dan pendidikan berpeluang menjadi unicorn selanjutnya. “Mudah-mudahan unicorn dari health technology ada. Kalau kita ramai-ramai pakai BPJS Kesehatan, bisa saja Halodoc menjadi unicorn selanjutnya,” ucapnya.

Saat ini, Halodoc memiliki 7 juta pengguna. Adapun pendanaan Halodoc telah mencapai series B+ dengan valuasi US$ 100 juta. Dalam laporan Google, Temasek, dan Bain bertajuk e-Conomy SEA 2019, ada lebih dari 70 startup yang valuasinya mendekati unicorn (aspiring unicorn) di Asia Tenggara. Mereka sudah memperoleh US$ 1,1 miliar sepanjang Semester I 2019. Sejak 2016 hingga Semester I 2019, startup ini memperoleh US$ 5,9 miliar.

Saat ini Indonesia memiliki lima Unicorn yakni Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, Ovo, serta Go-Jek yang naik menjadi Decacorn (valuasi US$10 miliar).(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Editorial
Tersandera OTT