telkomsel halo

Generali gelar Olimpiade Robotika 2019

05:28:34 | 16 Sep 2019
Generali gelar Olimpiade Robotika 2019
JAKARTA (IndoTelko) – PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menggelar Generali Olimpiade Robotika 2019 yang diikuti oleh ratusan anak tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Baywalk Mall, Pluit, Jakarta Utara pada Sabtu, 14 September 2019.

Acara yang bekerja sama dengan Asosiasi Robotika & Otomasi Indonesia (AROI) ini merupakan sarana untuk mengembangkan potensi dan bakat anak dalam mengkonsep dan mengembangkan teknologi robot agar para generasi muda mampu menciptakan teknologi secara tepat guna yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

Menurut Chief Marketing & Customer Generali Indonesia Vivin Arbianti Gautama otomasi robot dan kecerdasan artificial intelegent sudah menjadi bagian penting di era industri 4.0 saat ini, dan nantinya kehadiran robot akan semakin erat dengan aktivitas sehari-hari.

"Kami melihat ini sebagai peluang yang baik untuk terus mendukung dan mengasah kemampuan anak-anak agar mereka mampu mengambil bagian dari perkembangan teknologi di era digital. Melalui kompetisi ini, Generali berharap kreativitas anak bangsa sudah mulai terbangun mulai dari tingkat pendidikan dasar dan acara ini juga bisa menjadi bekal dan dorongan bagi mereka untuk bisa bersaing di kompetisi robot tingkat dunia,” katanya dalam keterangan kemarin.

Di Olimpiade Robotika 2019, Generali juga menekankan pada pentingnya persiapan finansial untuk pendidikan anak, mengingat saat ini, pendidikan anak tidak cukup hanya pendidikan formal di sekolah namun memerlukan dukungan pendidikan informal lainnya untuk mengasah skill dan kemampuan kreativitasnya.

Belum lagi biaya pendidikan yang semakin mahal dari tahun ke tahun. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, kenaikan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia sebesar 10% per tahun, lebih tinggi daripada kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang hanya berkisar 8-9% setiap tahun.

Berdasarkan studi World Economic Forum (2018) memperkirakan ada sekitar 75 juta pekerjaan yang akan digantikan oleh otomasi robot pada tahun 2022, dan disaat yang sama dengan perkembangan teknologi robot yang ada, akan tercipta 133 juta lapangan pekerjaan baru yang merupakan hasil kolaborasi antara interaksi manusia, mesin dan algoritma.

Bahkan studi dari McKinsey & Company (2018) juga telah memperkirakan bahwa 800 juta pekerjaan akan digantikan oleh robot pada tahun 2030. Kehadiran robot di tengah kehidupan manusia akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang untuk semakin mempermudah aktivitas manusia serta meningkatkan produktifitas dan efisiensi di berbagai industri.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year