telkomsel halo

KEK Singosari disiapkan jadi Hub Digital

05:47:18 | 02 Sep 2019
KEK Singosari disiapkan jadi Hub Digital
Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Perindustrian (Kemenperin) mengemukakan pemerintah sedang menyiapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari di Kabupaten Malang, Jawa Timur sebagai hub digital di Indonesia.

Melalui kawasan terintergrasi ini diharapkan dapat melahirkan unicorn-unicorn baru, yakni startup yang memiliki valuasi sebesar US$1 miliar.

“Itu akan menjadi KEK digital pertama, yang peruntukannya mendukung digital economy, termasuk data warehouse. Pemerintah sedang menyiapkan peraturannya,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, pekan lalu

Menperin menegaskan, implementasi ekonomi digital dinilai akan membawa Indonesia naik kelas dengan target menjadi negara berpendapatan level kelas menengah atas (upper middle income country) pada tahun 2020.

‘“Digitalisasi ekonomi merupakan salah satu leap frog strategy ke level selanjutnya, yakni lulus dari middle income trap. Dalam hal ini, melalui Making Indonesia 4.0, aspirasinya besarnya adalah mewujudkan Indonesia masuk jajaran 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030,” paparnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan, pemerintah provinsi Jatim akan mendukung pengembangan startup yang ada di wilayahnya.

Salah satu hal yang telah dilakukan adalah memaksimalkan pembelajaran di sekolah-sekolah vokasi untuk dapat meningkatkan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) dan transformasi digital di sektor IKM.

“Di Jatim, industri menengah itu menopang 30% dari seluruh tenaga kerja yang ada. Ini menarik untuk dikembangkan. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan transformasi teknologi," ujarnya.

Emil optimistis, transformasi teknologi yang dilakukan IKM dengan dukungan pemerintah dan berbagai pihak termasuk startup bidang teknologi, akan mampu meningkatkan daya saing IKM berikut dengan SDM yang ada di dalamnya.

Dari data yang dihimpun, Pemerintah Kabupaten sudah menyiapkan lahan 132 hektar dari target 300 hektar untuk KEK Singosari, yang akan memiliki konsep bisnis pengembangan pariwisata dan ekonomi digital. Nantinya KEK Singosari ini ditargetkan menyerap tenaga kerja sebanyak 11.500 orang.

Konsep pengembangan di KEK Singosari bakal meliputi distrik Ikon Wisata Heritage, kemudian Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), distrik digital ekonomi, serta Inkubator Pusat Pendidikan.

Investasi pembangunan megaproyek ini akan menyentuh Rp30 triliun.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year