telkomsel halo

APJII akan bawa internet masuk desa

12:35:00 | 27 Aug 2019
APJII akan bawa internet masuk desa
Ketua Umum APJII, Jamalul Izza
JAKARTA (IndoTelko) - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) akan menggelar Program "Desa Internet Mandiri 2020" untuk mendukung pemanfaatan dari ekonomi berbasis internet.

Program ini adalah inisiatif kerjasama penyediaan layanan internet broadband bagi masyarakat desa, yang memberikan internet berkualitas bagi warga desa dengan harga terjangkau, sekaligus memberikan keuntungan komersial bagi institusi milik warga desa. Program ini sederhananya akan dapat memberikan layanan internet secara mandiri ke para warganya sendiri.

“Jadi, APJII berencana membuat desa internet mandiri. Nantinya, program ini selain bisa dimanfaatkan oleh desa-desa, juga dapat bekerja sama dengan anggota APJII. Kalaupun di desa itu sudah ada BUMDES, kami juga bisa bekerja sama. Sehingga BUMDES bisa mendapatkan pendapatan dari program Desa Internet Mandiri,” kata Ketua Umum APJII, Jamalul Izza dalam keterangan kemarin.

Dijelaskannya, Program Desa Internet Mandiri 2020, punya beragam kelebihan yang menguntungkan bagi desa-desa. Salah satunya adalah kecepatan internet yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa. 

Jamal memberikan catatan khusus bahwa kecepatan internet di Program Desa Internet Mandiri 2020 ini tidak akan terkendala geografis dan mudah dioperasikan oleh setiap warga desa.

Selain itu juga, keuntungan yang didapatkan dari program Desa Internet Mandiri 2020 tak menunggu waktu lama. Sebab, Internet yang ditawarkan memiliki paket berbasis waktu atau unlimited tanpa batasan kuota, atau internet cepat dengan kuota yang memadai dengan harga yang kompetitif dan tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat desa.

“Inti dari Program Desa Internet Mandiri adalah kedaulatan digital bagi masyarakat desa dengan merebut nilai tambah ekonomi dari bisnis internet,” jelasnya.

Merujuk data dari laporan Oxford Economics tahun 2016 menyebutkan bahwa setiap 1 persen peningkatan penetrasi internet diproyeksikan menyumbang tambahan Rp 9,6 triliun kepada PDB Indonesia serta akan membuka 10.700 lapangan kerja baru pada tahun 2020.

Sementara, jumlah pengguna internet di Indonesia berdasarkan data dari survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Polling Indonesia tahun 2018 telah mencapai 171,17 juta jiwa dari 264 juta jiwa penduduk negeri.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year