telkomsel halo

Program BEKUP siapkan pelaku usaha digital berdaya saing

09:12:00 | 17 Aug 2019
Program BEKUP siapkan pelaku usaha digital berdaya saing
Direktur Fasilitasi Infrastruktur TIK BEKRAF Muhammad Neil El Himam
YOGYAKARTA (IndoTelko) - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) kembali menyelenggarakan program BEKRAF For Pre-Start Up (BEKUP) gelombang 2/2019 yang akan berlangsung pada 16 Agustus – 10 Oktober 2019 di Yogyakarta. 

BEKUP merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk mematangkan integrasi ekosistem start up dari hulu sampai ke hilir melalui peningkatan kompetensi modal manusia. 

Program ini membantu pengembangan start up terutama pada tahap awal dengan memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan serta ruang kerja.

“Sebagai langkah untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di asia tenggara pada tahun 2020 pemerintah bergerak cepat untuk mencapai hal tersebut, salah satunya melalui BEKUP. Program ini akan memberikan dukungan dengan menyediakan wadah inkubasi bagi pelaku usaha pemula terutama pada tahap awal (pre-start up). Kami menginginkan program ini dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pendiri start up digital dan melahirkan pelaku usaha ekonomi digital yang kuat, andal, dan inovatif," kata Direktur Fasilitasi Infrastruktur TIK BEKRAF Muhammad Neil El Himam dalam keterangan kemarin. 

Sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2017 BEKUP telah berhasil memberikan pendampingan terhadap calon pendiri start updigital di 18 kota terpiih. BEKUP 2019 akan hadir di 3 kota terpilih yaitu; Bandung (Juni – Agustus), Yogyakarta (Agustus – Oktober) dan Depok (Oktober – Desember). 

BEKUP gelombang 2/2019 akan berlangsung selama 2 bulan yang terdiri dari 5 rangkaian program yaitu Bootcamp, Team Consultation, Mid Evaluation, Routine Review Journey dan Final Evaluation. Dari 5 rangkaian tersebut, topik-topik pembekalan yang diberikan antara lain tren teknologi, tren model bisnis, perancangan model bisnis, analisa pasar, observasi calon konsumen, eksperimen pitch & pengembangan landing page, pengembangan produk, eksperimen Wizard of Oz dan Pengantar UX / UI.

Dibawah Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, rangkaian program pre-inkubasi BEKUP akan difasilitasi oleh mentor dan juga berkolaborasi dengan MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif Digital / TIK Indonesia) untuk menyediakan modul yang akan diberikan pada para peserta. Salah satu target yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan BEKUP gelombang 2/2019 di Yogyakarta adalah  melahirkan 60 pre-start up berkualitas di Indonesia.

“Kami akan terus berupaya menciptakan infrastruktur dan program pengembangan industri kreatif termasuk di dalamnya industri digital dalam negeri sehingga mampu memberikan kontribusi dan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Diharapkan melalui BEKUP 2019 ini pelaku usaha digital di Indonesia dapat membangun bisnis jangka panjang berbasis produk digital yang inovatif dan mampu bersaing secara kompetitif,” tutup Muhammad Neil El Himam.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year