telkomsel halo

Bukalapak bidik investor produk syariah

04:24:09 | 10 Aug 2019
Bukalapak bidik investor produk syariah
JAKARTA (IndoTelko) - Bukalapak tengah memacu investor yang berminat pada produk syariah.

“Kami terus mengembangkan BukaReksa Syariah dan BukaModal Syariah untuk memudahkan pengguna kami melakukan investasi dan juga mencari pendanaan dengan skema syariah,” ungkap Co-Founder dan Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid dalam keterangan kemarin.

Diungkapkannya, animo pengguna Bukalapak untuk berinvestasi syariah terhitung cukup besar. Hingga Juli 2019, 51% dari asset under management (AUM) atau dana kelolaan investasi milik BukaReksa berasal dari reksa dana syariah.

Sedangkan, BukaModal syariah mampu menarik pengajuan aplikasi pinjaman hingga lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan versi konvensional. Kedua fitur tersebut juga menggandeng beberapa perusahaan ternama di Indonesia sebagai partner.

“Ini menarik karena sebagian besar pengguna kami anak muda. Kami senang kebiasaan investasi sudah semakin meluas," katanya.

Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan, jumlah investor maupun dana kelolaan investasi (AUM) dalam Reksa Dana Syariah mengalami peningkatan hingga hampir 4 kali lipat dalam  dalam 5 tahun terakhir dari Rp11 triliun menjadi Rp36 triliun.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah & Industri Halal KNKS Afdhal Aliasar mengungkapkan, total Aset Keuangan Syariah Indonesia mencapai lebih dari Rp1.300 triliun atau mencapai 8,7% dari total aset keuangan Indonesia.

Fajrin juga menambahkan, 80% pasar Indonesia masih dikuasai pasar tradisional. Potensi Online to Offline ini bahkan menyentuh angka Rp1.200 triliun. Selain pemberdayaan pelaku UMKM, Bukalapak juga akan meluncurkan Single QR code pada 1000 warung di sekitar Jakarta Selatan, yang memungkinkan para pemilik warung menerima pembayaran dari berbagai aplikasi.

“Setelahnya, kami akan berfokus pada pengembangan sharia payment system, termasuk QR code untuk beramal di masjid. Yang jelas, kami siap mengoptimalkan ekosistem digital untuk mendukung pemerintah menumbuhkan sektor keuangan syariah,” pungkas Fajrin.(wn) 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year