telkomsel halo

AP 2 kolaborasi dengan Monash University demi digitalisasi sistem transportasi udara

09:29:00 | 24 Jul 2019
AP 2 kolaborasi dengan Monash University demi digitalisasi sistem transportasi udara
President Director AP II Muhammad Awaluddin dan Deputy Vice-Chancellor and Vice-President Monash University Professor Abid Khan usai penandatangan kerjasama pada Selasa (23/7).(ist)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Angkasa Pura II (AP 2) menggandeng Monash University untuk melakukan kerjasama di bidang riset dan akademik untuk mengembangkan sistem transportasi udara berbasis digital. 

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman sebelumnya antara Kementerian Perhubungan dan Monash University tentang Pengembangan Kolaborasi dalam Penelitian, Pendidikan dan Pengembangan kapasitas di Sektor Transportasi, dengan ruang lingkup antara lain transit oriented development, manajemen transportasi selama Asian Games 2018, dan Smart Airport.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh President Director AP II Muhammad Awaluddin dan Deputy Vice-Chancellor and Vice-President Monash University Professor Abid Khan. 

Deputy Vice-Chancellor and Vice-President Monash University Professor Abid Khan mengatakan Monash University saat ini juga sudah memiliki hubungan yang dekat dengan Kementerian Perhubungan melalui MoU yang sebelumnya telah dilakukan dengan Kemenhub.

MoU ini merupakan langkah awal bagi kedua pihak untuk berkolaborasi dalam kegiatan akademik dan penelitian guna pengembangan serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia di AP II. 

Kolaborasi dengan Monash University ini juga merupakan komitmen AP II dalam bekerja sama dengan mitra global dalam hal ini adalah universitas berkelas dunia. 

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan Monash University adalah universitas terkemuka dan ternama di Asia Pacific yang memiliki sejarah panjang di dunia pendidikan internasional.

“Bersama Monash University,  kami yakin AP 2 dapat mencapai target pengembangan bisnis international (international expansion). Kami tidak ingin hanya menjadi operator bandara di dalam negeri, namun juga berupaya menggarap pasar di negara lain. Konsep Smart & Connected Airport juga diharapkan dapat diterapkan dengan cepat dan baik melalui kolaborasi antara AP II dan Monash University,” ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangan Selasa (23/7). 

Seperti diketahui, digitalisasi merupakan bagian penting dari perjalanan Angkasa Pura II, di mana implementasi konsep  Smart & Connected Airport di setiap bandara  merupakan salah satu tujuan dari transformasi digital perusahaan.(ad)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year