Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

ICC Academy luncurkan Solusi E-Invoicing

11:16:26 | 18 Jul 2019
ICC Academy luncurkan Solusi E-Invoicing
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Divisi edukasi dari Kamar Dagang Internasional (International Chamber of Commerce/ICC), ICC Academy, bekerja sama dengan Mastercard, Basware, dan Xero, meluncurkan E-Invoicing Solutions Certificate (ESC). 

Program online spesial ini bertujuan membantu para pelaku bisnis meningkatkan efisiensi dan produktivitas modal kerja dengan memberikan mereka pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem invoice elektronik atau e-invoicing.

Di era ekonomi digital saat ini, di mana perdagangan lintas batas semakin berkembang pesat, para pelaku bisnis terus mencari cara untuk mempermudah proses invoicing yang kompleks. Salah satunya adalah dengan mulai beralih ke sistem e-invoicing – menyebabkan pertumbuhan industri yang stabil dan kuat dalam beberapa tahun terakhir – sehingga memungkinkan mereka untuk menghemat biaya dan meningkatkan kendali, serta mengurangi penipuan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

“Program ini menyediakan pemetaan kolaboratif bagi para pelaku bisnis untuk memahami berbagai hal terkait e-invoicing, sekaligus keunggulan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kesuksesan pengimplementasian sistem e-invoicing ini. Diciptakan bersama dengan para pemain industri terdepan, program ini memanfaatkan pemahaman yang mendalam terhadap ekosistem pembayaran digital guna meningkatkan efisiensi operasional tim keuangan sebuah organisasi, mendorong terciptanya pembayaran yang tepat waktu, dan di saat yang bersamaan memudahkan transaksi dengan pelanggan," kata ICC Academy General Manager, Daniel Kok dalam keterangan kemarin.

Dunia tanpa batas telah membuka peluang besar untuk terjadinya perdagangan. Akan tetapi, di saat yang bersamaan, dunia ini juga membawa tantangan bagi bisnis dari sisi pemrosesan dan pembayaran. Menurut Small and Medium-Sized Enterprise (SME) Financing Survey, keterlambatan pembayaran pelanggan merupakan permasalahan terkait keuangan yang utama, di mana tiga dari lima Usaha Kecil dan Menengah (UKM) harus berjuang menghadapi implikasi akibat keterlambatan pembayaran tersebut. Senada dengan hasil temuan tersebut, sebuah studi yang diadakan oleh United States Federal Reserve Bank of Minneapolis mengindikasikan bahwa sekitar 92% e-invoice “dibayar tepat waktu” dibandingkan dengan 45% invoice kertas.

“Ketika sebuah perusahaan baru memulai bisnisnya, invoicing merupakan kegiatan yang cukup mudah untuk dilakukan. Namun ketika jumlah pelanggan bertambah, invoicing mulai menjadi sebuah tantangan. Mendigitalisasikan kegiatan invoicing merupakan hal yang penting bagi sebuah bisnis untuk bertumbuh saat ini. Mungkin hal ini terdengar sulit, tetapi sebenarnya dapat dilakukan dengan mengubah sistem invoice menjadi e-invoicing. Bagi UKM-UKM yang ambisius, program pelatihan online yang praktis dan mudah dijalankan ini merupakan hal yang harus dilakukan, karena program ini menggabungkan beragam pengetahuan dan sumber daya yang dikumpulkan selama bertahun-tahun oleh ICC Academy, Mastercard, Basware, dan Xero untuk membantu para UKM dalam meningkatkan operasional bisnis mereka sehari-hari,” kata Executive Vice President, Commercial Products, Mastercard James Anderson.

Telkom Marketing 2
Dibagi menjadi lima pelajaran, program pelatihan online interaktif berdurasi tiga jam ini memberikan penjelasan tentang metode invoicing tradisional, informasi mengenai e-invoicing dan menekankan pentingnya berpindah ke sistem digital, serta enam studi kasus industri.

Para kandidat yang mengikuti program ini juga dapat memperoleh wawasan mengenai perjalanan transformasi digital Churros Republic – sebuah start-up di Singapura dengan tingkat pertumbuhan tercepat dan baru-baru ini terpilih sebagai “Mitra Churros Paling Disukai” atau “Preffered Churros Partner” untuk Festival Makanan Jalanan Michelin (Michelin Street Food Festival). Selain itu, program pelatihan online ini juga meliputi sesi diskusi selama 30 menit bersama Mastercard mengenai berbagai manfaat dari mengadopsi kapabilitas digital.

Angkasa Pura 2
Program sertifikasi ini tersedia dengan biaya sebesar US$350.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma