Platform Smart City Nusantara bisa tingkatkan layanan kesehatan

10:58:45 | 05 Jul 2019
Platform Smart City Nusantara bisa tingkatkan layanan kesehatan
JAKARTA (IndoTelko) - PT telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyiapkan platform Smart City Nusantara (SCN) untuk meningkatkan layanan kesehatan publik bagi masyarakat.  

"Perkembangan teknologi di era digital yang begitu pesat dan peran pentingnya sebagai enabler implementasi smart city telah memacu pemerintah untuk terus mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian tak terpisahkan dari pengembangan smart city di daerahnya. Smart city adalah suatu konsep inovasi yang telah mengintegrasikan teknologi digital dalam tata kelola kota sedemikian menjadikan proses lebih efektif dan efisien," kata  Senior Manager Smart City Nusantara Wahyudi, kemarin.

Dikatakannya, sebagai bentuk dukungan transformasi digital di sektor pemerintah daerah, Telkom melalui Smart City Nusantara terus mendorong percepatan pemanfaatan teknologi ICT. 

Telkom sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang menyediakan layanan jasa dan jaringan telekomunikasi di Indonesia,mengembangkan konsep smart city dan membangun Living Lab Smart City Nusantara. 

Living Lab Smart City Nusantara merupakan sebuah experience center yang dikembangkan oleh PT. Telkom Indonesia untuk sharing dan diskusi perihal implementasi dan solusi smart city. 

Living Lab Smart City Nusantara terbuka bagi seluruh stakeholder smart city untuk datang berkunjung, berdiskusi, dan melihat langsung berbagai solusi smart city yang ada.  

Saat ini telah hadir 68 prototype dan demo solusi yang dikembangkan oleh Telkom Group sebagai solusi yang diyakini dapat mensolusikan masalah-masalah yang ada di perkotaan. 

Di Living Lab Smart City Nusantara solusi-solusi ini terbagi menjadi 4 kategori sesuai penggunaannya dan berada pada 4 zona yaitu zona smart government, smart industry, smart citizen dan smart infrastructure. Sejak diresmikan pada tahun 2016 telah lebih dari 200 pemerintah daerah telah berkunjung ke Living Lab Smart City Nusantara.

Salah satu pemerintah daerah yang telah berkunjung adalah Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. 

Pada Senin, 1 Juli 2019 Kunjungan Tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Debie Kalalo, MSc.PH  ditemani dengan Kepala Bidang Tata Ruang Provinsi Sulawesi Utara, Herman.

Tim Dinas Kesehatan Pemprov Sulawesi Utara ini disambut langsung Manager Living Lab Smart City Nusantara Harun.

"Dalam kunjungannya Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara mengharapkan agar Telkom dapat turut serta membantu memajukan daerahnya dalam penerapan konsep smart city khususnya dalam bidang kesehatan," katanya.(ad)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories