telkomsel halo

Optic Marine perkuat Laying Vessel untuk kabel laut

10:33:00 | 29 Jun 2019
Optic Marine perkuat Laying Vessel untuk kabel laut
JAKARTA (IndoTelko) - PT Optic Marine Indonesia memperkuat laying vessel (kapal untuk menggelar kabel laut) dengan memperkenalkan kapal khusus perawatan jaringan internet bawah laut pertama di Indonesia bernama CS Teneo.

Kapal dengan panjang 81m dan vs CS Ile De Re seluas 143m ini dilengkapi dengan mesin diesel elektrik terbaik dan mampu melakukan fungsi perawatan kabel bawah laut di perairan Indonesia secara lebih efisien.

Kapal yang diperoleh dari perusahaan Amerika Serikat yang mana adalah salah satu pelopor kabel bawah laut terbaik di dunia ini telah memiliki riwayat sebanyak 131 penyelesaian proyek perawatan dan perbaikan di Amerika dan Amerika Selatan.

Kapal ini memiliki ukuran lebih kecil dan mampu mengangkut sejumlah 57 personel awak kapal dengan layanan kecepatan sebesar 13 knots. Walaupun sudah beroperasi terlebih dahulu di kawasan Amerika, namun CS Teneo resmi berbendera Indonesia.

Fungsi utama CS Teneo untuk perawatan jaringan internet dan perbaikan kabel bawah laut ini ditunjukkan bagi keberlangsungan pembangunan infrastruktur maritim di Indonesia karena posisi geografisnya yang berada di pertemuan tiga lempeng utama di dunia, mulai dari Eurasia, Indoaustralia dan Pasifik yang juga menjadikannya wilayah riskan terhadap bencana.

Salah satu bencana paling berpotensi adalah gempa bumi yang dapat memicu kerusakan jaringan kabel bawah laut. Melihat adanya risiko tersebut, maka PT. Optic Marine Indonesia berupaya memberikan kontribusinya untuk melakukan pemulihan layanan telekomunikasi secara efektif dan efisien melalui kapal CS Teneo.

“Kehadiran kapal CS Teneo ini dikhususkan untuk perawatan dan perbaikan di perairan Indonesia. Jarak perairan antar pulau di Indonesia yang cenderung pendek membutuhkan kapal yang lebih gesit untuk lebih efisien dalam pemeliharaan maritimnya. Potensi gempa bumi di wilayah Indonesia juga menjadi salah satu faktor yang bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan kabel bawah laut yang berujung pada keberlangsungan layanan telekomunikasi di wilayah yang terkena dampak, CS Teneo akan membantu dalam merestrukturasi kerusakan tersebut sehingga keberlangsungan maritim di Indonesia masih dapat terjaga dengan baik,” kata   Komisaris PT Optic Marine Indonesia.

Kapal CS Teneo mampu berlayar 60 hari ini sekaligus menunjukkan kelengkapan armada yang dimiliki oleh Optic Marine dengan berbagai solusi mulai dari Mainlay CS Ile De Re, tug boat, cable barge dan pemeliharaan serta perbaikan jaringan kabel bawah laut. Peresmian peluncuran kapal CS Teneo sendiri sudah diresmikan pada tengah April 2019 yang lalu.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year