telkomsel halo

Trulifi, Sistem LiFi andalan Signify

09:12:12 | 21 Jun 2019
Trulifi, Sistem LiFi andalan Signify
EINDHOVEN (IndoTelko) – Signify meluncurkan rangkaian sistem LiFi baru yang mencakup sistem LiFi tercepat dan paling andal di dunia yang tersedia secara komersial. 

Rangkaian yang dinamai Trulifi ini memanfaatkan luminer profesional yang telah ada maupun yang akan ada. 

“Trulifi menggarisbawahi strategi kami dalam membuka potensi cahaya untuk menjawab kebutuhan pasar baru dengan pertumbuhan tinggi. Melalui kehadiran global kami, dengan basis solusi terpasang serta pemahaman akan industri yang luas, kami akan membantu pelanggan yang sudah ada maupun yang baru untuk memanfaatkan infrastruktur pencahayaan mereka guna mendapatkan komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi yang dapat diandalkan, aman, dengan harga yang sangat kompetitif. Di mana pun ada cahaya, di sana sekarang komunikasi nirkabel dapat hadir,” jelas Chief Innovation Officer di Signify Olivia Qiu.

Alih-alih menggunakan sinyal radio (seperti WiFi, 4G/5G, Bluetooth, dan lainnya), Trulifi menggunakan gelombang cahaya untuk memungkinkan komunikasi nirkabel dua arah yang sangat andal dan aman dengan kecepatan jauh di atas sebagian besar teknologi nirkabel konvensional di tempat kerja.

Trulifi menggunakan teknologi pemancar-penerima (transceiver) nirkabel optik yang dibangun, atau dipasangkan ke luminer Philips. Ini berarti pelanggan tidak perlu melepas dan mengganti infrastruktur pencahayaan yang sudah ada untuk mendapatkan kualitas cahaya sekaligus konektivitas nirkabel yang luar biasa.

Trulifi mengatasi peningkatan kepadatan spektrum radio dan sangat cocok untuk area di mana frekuensi radio tidak bekerja dengan baik, atau tidak ada sama sekali, atau tidak diizinkan. 

Rangkaian baru ini terdiri dari luminer dimampukan Trulifi yang menyediakan konektivitas nirkabel dengan kecepatan hingga 150 Mbps (Megabits per second) di ruangan besar, seperti ruang rapat dan perkantoran. Terdapat transisi yang mulus antar setiap luminer dimampukan Trulifi yang memungkinkan pengguna bebas bergerak dalam ruangan. Kecepatan ini cukup untuk melakukan streaming 30 film dengan kualitas HDTV 1080p secara bersamaan. 

Kunci akses USB yang dipasang ke laptop diperlukan untuk menerima sinyal LiFi, sekaligus bertindak sebagai emitor untuk mengirim data kembali ke luminer.

Rangkaian Trulifi juga mencakup sistem titik-ke-titik (point-to-point) tetap dengan kecepatan hingga 250 Mbps, yang bertindak seperti kabel nirkabel, ideal untuk menghubungkan perangkat. Aplikasi potensial sistem ini termasuk menghubungkan robot atau mesin dalam lingkungan frekuensi radio (RF) yang sulit seperti pabrik industri atau rumah sakit, di mana komunikasi lewat frekuensi radio mungkin tidak diizinkan, atau di mana ada kebutuhan untuk mengirim dan menerima file data yang sangat besar dengan cepat dan aman.

Signify memiliki dua pelanggan baru bagi Trulifi. Globalworth, investor institusi terbesar serta pemilik penyewaan kantor di Polandia dan Rumania, telah memasang 18 luminer Philips yang dilengkapi Trulifi di tiga ruang rapat di kantornya yang berada di Spektrum Tower di Warsawa, Polandia, untuk menyediakan komunikasi yang andal dan ekstra aman bagi para klien korporat mereka.

Claerhout Communication Campus, agen pemasaran dan komunikasi Belgia telah memasang Trulifi ke empat luminer Philips LED terkoneksi di ruang rapat besar yang digunakan oleh perusahaan dan klien mereka.

“Signify diposisikan untuk memenuhi janji LiFi dengan penawaran harga menarik yang dapat membantu mengatasi hambatan anggaran bagi pelanggan potensial. Signify juga telah mengadopsi standar LiFi ITU G.9991, yang sejalan dengan langkah pasar menuju peningkatan standardisasi,” kata Analis Riset Senior, Navigant Research Krystal Maxwell.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year