telkomsel halo

ITB gelar `Rating Kota Cerdas ke-3

12:06:44 | 17 Jun 2019
ITB gelar
Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi dan Guru Besar ITB Prof Suhono Harso Supangkat kala melaporkan rencana kegiatan Rating Kota Cerdas Indonesia ke-3 tahun 2019 ke Wakil Presiden RI Jusuf Kalla belum lama ini.(ist)
JAKARTA (IndoTelko) - Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menggelar Rating Kota Cerdas Indonesia ke-3 tahun 2019.

Rektor ITB  Prof. Kadarsah Suryadi dan Guru Besar ITB Prof Suhono Harso Supangkat telah melaporkan rencana tersebut kepada Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla di Kantor Wapres 14 Juni 2019.

Suhono menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui progres pengembangan kota di Indonesia terkait dengan peningkatan kualitas hidup kota melalui upaya solusi cerdas. "Kegiatan ini akan berlangsung mulai bulan Juli hingga Nopember 2019," katanya dalam keterangan (17/6).

Diungkapkannya, pengukuran aspek solusi cerdas secara sosial, ekonomi dan lingkungan sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan menjadi bagian utama penelitian pengukuran.

"Aspek pengungkit atau pemungkin seperti Sumber daya manusia, tata kelola dan infrastruktur menjadi bagian dasar dari kerangka kerja pengukuran. Kali ini data akan menjadi konsiderasi untuk mendapatkan "real time" pengelolaan Smart City yg lebih baik, atau istilahnya Data Driven Smart City," jelasnya.

Dijelaskannya, smart city tidak identik kota plus teknologi, aspek budaya mengenali persoalan dasar kota menjadi sangat penting. Tata kelola cerdas juga penting termasuk penegakan hukum bagi yang melanggar seperti parkir, pedagang kaki lima hingga pembuangan sampah. 

Pendek kata keberhasilan kota cerdas adalah kota yang bisa meningkatkan kualitas hidup, minimisasi kemacetan, banjir hingga lingkungan yang hijau.

"Rencananya nanti acara kick off di Istana Wakil Presiden pada minggu ke-2 Juli. Sementara acara puncak akan diselenggarakan di Kota Bandung, kolaborasi ITB dan Pemkot Kota Bandung pada Medio November 2019," tutupnya.

Rencananya, acara puncak akan di selenggarakan bersamaan dengan Smart Cities Week yang mengusung Inovasi dan Transformasi Smart X, meliputi Kota, desa hingga propinsi dan nasional. Ada juga pameran inovasi Internet of Things (IoT), AI, Big Data, dan terkait pendukung smart City. Kompetisi inovasi untuk mendukung transformasi menuju smart X diadakan dengan target peserta organisasi pemerintah daerah maupun start up.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year