telkomsel halo

Zakat melalui kanal digital makin diminati

10:20:14 | 13 Jun 2019
Zakat melalui kanal digital makin diminati
JAKARTA (IndoTelko) – Berderma atau berzakat melalui kanal digital kian diminati masyarakat. Sejumlah kanal donasi melalui kanal eCommerce terus mengalami peningkatkan terutama fitur zakat, sehingga kemudahan terus tercipta untuk masyarakat milenial saat ini. 

"Tahun 2019 ini dengan mengusung tema Jangan Takut Berbagi, dan menjelang usia ke 26 tahun Dompet Dhuafa, kinerja penghimpunan Dompet Dhuafa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Hingga hari terakhir Ramadhan 1440 H, tercatat tidak kurang dari Rp96 miliar donasi yang terhimpun melalui berbagai kanal donasi Dompet Dhuafa,” ungkap Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi drg. Imam Rulyawan MARS dalam keterangan (13/6).

Dikatakannya, dengan jumlah Penerima Manfaat yang terdata sebanyak 350.000 jiwa merasakan manfaat berkahnya Ramadan kali ini. "Ini merupakan kebaikan dalam mengidentifikasi sosialisasi pengetahuan tentang zakat dan ajakan dalam membangun kesadaran kesejahteraan untuk sesama di bulan Ramadhan," sambung Imam.

Di usia ke-26, Dompet Dhuafa berkomitmen menunjukkan sebuah pola pengelolaan zakat yang holistik memberantas kemiskinan berdasarkan masalah paling mendasar.

Di Ramadan 1440 H, selain program pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan dan pengembangan sosial, Dompet Dhuafa juga menjalankan beberapa program intensif seperti sosialisasi zakat, layanan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, dan juga respon bencana. Event sosialisasi bergulir melalui kerjasama dengan berbagai eCommerce dalam bentuk fitur pembayaran donasi dan zakat, mal-mal mitra Dompet Dhuafa, dan menggandeng para endorser, public figure yang bukan hanya menghibur, tapi juga mampu mengajak masyarakat untuk berzakat dan berbagi.

Sementara untuk pemenuhan kebutuhan dasar para mustahik, Dompet Dhuafa kembali melakukan distribusi Parsel Ramadhan dan Tebar Zakat Fitrah ke seluruh penjuru Indonesia. Di Indonesia, sebaran zakat dan parsel Ramadhan menyasar daerah-daerah marjinal yang masih belum banyak tersentuh dunia luar bahkan di daerah terdampak bencana beberapa waktu lalu seperti Banten, Palu dan Lombok. Selain itu, keberkahan parsel para donatur di Indonesia juga bergulir ke negara-negara yang kini dalam kondisi konflik seperti Rohingya, Bosnia, dan Filipina.

“Tentu menjadi harapan terbesar kami, agar keinginan dan kepercayaan masyarakat untuk berzakat melalui lembaga filantropi meningkat tidak hanya saat Ramadhan, dan di era perkembangan dunia digital sekarang, peningkatan transaksi zakat dan donasi berbasis platform e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak DANA, OVO, Shopee, Blibli.com, Lazada, Blanja.com, Duniahalal.com, Bawaberkah.org hingga  Elevenia sangat potensial sehingga semakin banyak mustahik dapat terbantu. Namun di hari-hari biasa, masyarakat juga memiliki kesadaran yang sama untuk menyalurkan zakat dan donasinya,” tutup Imam.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year