telkomsel halo

CIMB Niaga gaet Genesis kembangkan startup di Indonesia

10:06:30 | 04 Jun 2019
CIMB Niaga gaet Genesis kembangkan startup di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan perusahaan investasi pinjaman ventura dari Singapura, Genesis Alternative Ventures (Genesis), menjalin kerja sama pembiayaan untuk pengembangan perusahaan-perusahaan start-up berbasis teknologi di Indonesia.

Adapun skema pembiayaan yang memadukan antara bank konvensional dan perusahaan pinjaman ventura ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Dalam kerja sama ini, CIMB Niaga dan Genesis menyediakan pembiayaan senilai Rp300 miliar yang difokuskan untuk perusahaan start-up yang bergerak di bidang fashion dan ritel, manufaktur, F&B, properti, kesehatan, keamanan digital, dan bisnis transportasi.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, CIMB Niaga menyambut baik kemitraan dengan Genesis yang bertujuan membantu memperluas ekosistem pendanaan untuk perusahaan-perusahaan start-up di Indonesia. Sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset, sinergi ini semakin memperkuat peran CIMB Niaga dalam pengembangan ekosistem start-up di Indonesia.

“Ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat telah menjadikannya salah satu hotspot teknologi di kawasan ini dan kami yakin banyak pengusaha akan melihat produk dan layanan ini sebagai alat integral untuk menciptakan pertumbuhan,” kata Tigor pekan lalu. 

Seperti diketahui, pendanaan yang diberikan adalah bentuk pembiayaan untuk perusahaan-perusahaan berusia muda yang berhasil menampakkan pertumbuhan tinggi dan perlu memperpanjang landasan kasnya guna mencapai tahap pertumbuhan berikutnya.

Skema pembiayaan ini dapat menjadi alternatif bagi perusahaan start-up yang kekurangan arus kas dan tidak dapat memenuhi kriteria tradisional pinjaman perbankan. Hal ini juga melengkapi pembiayaan modal ventura sekaligus mengisi ruang yang selama ini tidak terlayani oleh perbankan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year