telkomsel halo

Pertumbuhan pengembangan web dan mobile ditopang transformasi digital

10:48:54 | 24 May 2019
Pertumbuhan pengembangan web dan mobile ditopang transformasi digital
JAKARTA (IndoTelko) - Laporan berjudul The State of Application Development, 2019: Is IT Ready for Disruption? yang dikeluarkan OutSystems menyatakan transformasi digital mendominasi strategi bisnis menyebabkan tingginya permintaan pengembangan web dan mobile. 

Survei ini melibatkan lebih dari 3.300 praktisi Teknologi Informasi (TI) di berbagai industri di seluruh dunia, 17% di antaranya berasal dari Asia Pasifik.

“Survei tahun 2019 kami menunjukkan bahwa banyak departemen IT sedang menghadapi berbagai disrupsi terkait dengan transformasi digital dan pengembangan aplikasi. Ancaman disrupsi digital dan kebutuhan akan transformasi digital telah menjadi pendorong strategi IT selama bertahun-tahun. Ditambah dengan prediksi situasi ekonomi global yang tidak menentu, menjadi jelas mengapa saat ini para pemimpin perusahaan sangat mementingkan bisnisnya bersifat agile,” ungkap CMO OutSystems Steve Rotter dalam keterangan kemarin.

Laporan riset yang baru ini berisi wawasan mendalam dari para manajer IT, enterprise architect, dan pengembang yang membahas berbagai topik. Transformasi digital mendominasi strategi bisnis saat ini, menyebabkan tingginya permintaan pengembangan web dan mobile. Selain itu, kecepatan dan ketangkasan (agility) menjadi jauh lebih penting dibanding sebelumnya, jelas Rotter.

Laporan OutSystems ini menggali prioritas dan tantangan pengembangan dan peluncuran aplikasi, serta strategi yang digunakan tim IT untuk mempercepat peluncuran.

Enam temuan utama dari laporan ini:

1. Permintaan pengembangan aplikasi (app dev) meningkat tajam: Jumlah aplikasi yang dijadwalkan untuk peluncuran di tahun 2019 naik sebanyak 60%, menurut para responden global, 38% di antaranya berencana melakukan peluncuran 25 atau lebih aplikasi tahun ini.

Di Asia Pasifik, 69% responden berencana meluncurkan 10 atau lebih aplikasi di tahun 2019, dengan 52% di antaranya menargetkan peluncuran sebanyak 50 atau lebih aplikasi di tahun berikutnya.

2. Waktu pengembangan sempit: 46% responden di Asia Pasifik mengungkapkan waktu rata-rata untuk meluncurkan aplikasi berbasis web atau mobile sebanyak lima bulan atau lebih.

3. Backlog masih ada: 63% praktisi IT di Asia Pasifik mengungkapkan masih adanya backlog pengembangan aplikasi, dan 16% di antara responden ini menghadapi backlog sebanyak lebih dari 10 aplikasi.

4. Kesulitan mendapatkan dan mempertahankan sumber daya manusia (SDM): Sebagian besar responden sudah mempekerjakan pengembang, 75% responden global mengungkapkan kesulitan menemukan SDM di bidang pengembangan aplikasi, dan hanya 36% organisasi di Asia Pasifik yang memiliki tim pengembangan aplikasi yang lebih besar dari tahun lalu. Data menunjukkan retensi tenaga pengembangan aplikasi adalah masalah yang juga serius.

5. Praktik-praktik agile masih lambat matang: 69% organisasi di Asia Pasifik telah berinvestasi di layanan dan perangkat agile di tahun lalu. Namun demikian, rata-rata nilai agile-maturity (ketangkasan dan kematangan) cukup rendah, yaitu sebesar 2,76 dari total nilai 

6. Fokus pada pelanggan terus meningkat: Tahun lalu, lebih dari 69% organisasi di Asia Pasifik telah berinvestasi di praktik-praktik yang fokus pada pelanggan, termasuk di dalamnya pemetaan perjalanan pelanggan, design thinking dan lean UX. Untuk aplikasi yang akan dikembangkan di tahun 2019, aplikasi yang akan digunakan langsung oleh pelanggan atau mitra bisnis digolongkan sebagai yang paling penting.

Low-Code  
Salah satu temuan utama riset ini adalah low-code tidak hanya diperuntukkan bagi inovator dan pengadopsi awal. 43% responden di Asia Pasifik mengungkapkan bahwa organisasinya sudah menggunakan platform low-code, dan 12% mengungkapkan bahwa organisasinya telah berencana menggunakannya dalam waktu dekat.  

Analisis dalam laporan ini mengidentifikasi bahwa organisasi yang menggunakan low-code:

1. 26% cenderung menggambarkan organisasinya puas atau cukup puas dengan kecepatan pengembangan aplikasi

2. 11% cenderung meluncurkan aplikasi web dalam empat bulan atau kurang

3. 15% cenderung meluncurkan aplikasi mobile dalam empat bulan atau kurang

4. 20% cenderung menilai agile-maturity perusahaannya di tingkat 3, 4 atau 5

5. 12% cenderung menyebut backlog pengembangan aplikasi telah meningkat sejak tahun lalu

6. Melaporkan peningkatan skor penilaian mandiri sebanyak 16% untuk kematangan transformasi digital

"Tidak hanya untuk inovator dan pengadopsi awal, platform pengembangan low-code telah menyeberangi jurang pemisah dan sedang menuju adopsi skala besar di Asia Pasifik," kata Regional Vice-President, Asia Pasifik, OutSystems Mark Weaser.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year