telkomsel halo

Resep Kominfo agar jaringan broadband bertumbuh

06:28:46 | 13 May 2019
Resep Kominfo agar jaringan broadband bertumbuh
Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Benyamin Sura.(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyakini pemerataan broadband atau pita lebar rampung tahun 2019 ini.

"Jadi memang target pita lebar (rampung) di 2019 ini. Target yang memang sudah ditetapkan oleh Bappenas dan Kementerian (Kominfo)," kata Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Benyamin Sura dalam keterangan kemarin.

Benyamin menegaskan, target penyelesaian proyek tersebut memang dicanangkan harus tercapai di 2019. Selain karena di tahun yang sama juga berakhir periode Kabinet Kerja, juga terdapat kendala pemasangan kabel, khususnya di wilayah Timur Indonesia yang banyak pegunungan.

Diakuinya, untuk broadband sendiri, belum benar-benar optimal. Tapi, untuk mobile-nya sudah hampir di angka 96%.

"Artinya apa, bahwa semua masyarakat ini sudah menggunakan seluler, dengan paket data sudah bisa. Tapi bukan itu yang kita sasar, karena memang tujuan akhir kita broadband ini bisa dinikmati oleh masyarakat," ungkapnya.

Benyamin juga memastikan bahwa Kementerian Kominfo mempunyai program agar broadband tersebut bisa bertumbuh. Ada empat pola yang dilakukan.

Pola pertama adalah program regulasi, melalui surat edaran sebagai pedoman kepada pemerintah daerah tentang pembangunan infrastruktur. Pola kedua, pemanfaatan utilisasi dari kapasitas yang ada pada proyek Palapa Ring. Pola ketiga yaitu, melalui kerjasama dengan operator seluler.

Sedangkan pola keempat, dilakukan melalui intervensi anggaran. Dari anggaran tersebut diberikan bantuan internet kepada UKM dan pihak lainnya yang membutuhkan, untuk memberikan bantuan internet dari Kominfo selama beberapa bulan.

"Jadi itu empat cara kita, kebijakan-kebijakan yang dilakukan untuk mengembangkan broadband kedepan," pungkasnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year