telkomsel halo

OVO dan Dompet Dhuafa bantu masyarakat Palu

05:37:44 | 07 May 2019
OVO dan Dompet Dhuafa bantu masyarakat Palu
ilustrasi
PALU (IndoTelko) -  Dompet Dhuafa bersama OVO menginisiasi hadirnya progam air bersih dan pengembangan pendidikan di Palu dan sekitarnya pada awal Mei ini. Dua progam tersebut adalah Water for Life: Pemanen Air Hujan (PAH) dan Progam Pendampingan Pendidikan Palu.

“Kami disini menghadirkan PAH dan juga Pendampingan pendidikan di Palu pasca gempa. Dua sektor yang paling krusial tentu harus segera diatasi. Diharapakan dengan hadirnya dua progam tersebut bisa menggerakan warga Palu dan sekitarnya untuk bisa lebih cepat kembali bangkit,” terang Ketua Cabang Dompet Dhuafa Sulawesi Tengah Citrawan Kisman Djiho dalam keterangan kemarin.

Dua sektor yang paling penting menjadi masalah besar bagi kehidupan masyarakat antara lain keberadaan air bersih dan sarana prasarana pendidikan. Setelah bencana, banyak masyarakat di Palu, Sigi, dan Donggala yang mengalami kelangkaan air bersih. Seperti warga di Desa, Rogo, Dolo Selatan, Kabupaten Sigi yang terpaksa menggunakan air tanah yang keruh untuk dikonsumsi.

Dimulai dengan progam PAH, yaitu sebuah instalasi alat filteriasi air bersih. Ketika hujan datang maka alat PAH akan mengumpulkan air untuk setelahnya disaring dengan lima tahap filterisasi. Namun ketika tidak ada hujan, warga pun juga bisa menggunakan air gunung untuk bisa di saring. Wilayah seperti Desa Rogo, di Kabaupaten Sigi kini tidak lagi harus mengkonsumsi air keruh.

Selain itu, ada pula progam Pendampingan Pendidikan Palu. Pembangunan beberapa kelas sementara dan juga sekolah permanen di Palu menjadi progam utama. Dengan Semangat #jangantakutberbagi, Dompet Dhuafa juga menempatkan 19 guru relawan di 18 sekolah di berbagai wilayah di Palu, Sigi, dan Donggala. Pemberian Curuk Ilmu berupa rak bacaan membuat anak-anak di Palu tidak lagi sedih menganggur tidak sekolah. Walau kelas mereka rubuh, namun kegiatan belejar masih bisa mereka ikuti dengan menyenangkan. Kehadiran guru relawan yang memberikan metode belajar yang unik juga membuat anak-anak belajar dengan semangat.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year