telkomsel halo

Balesin.id, chatbot untuk permudah jualan online

10:22:41 | 06 May 2019
Balesin.id, chatbot untuk permudah jualan online
JAKARTA (IndoTelko) - Chatting telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kultur digital masyarakat Indonesia, termasuk ketika sedang berbelanja online.

Baik di platform eCommerce maupun media sosial, dua tempat favorit belanja online di Indonesia tersebut sama-sama mengandalkan chatting sebagai metode komunikasi utama antara penjual dan pembeli.

Kebiasaan berbelanja lewat chat ini dikembangkan lebih lanjut oleh BJtech dalam produk terbaru mereka.

Setelah menciptakan Bang Joni dan bekerjasama dengan beberapa brand besar seperti BNI, Coca Cola & Frestea, BFI Finance, dalam pengembangan produk berbasis chatbot, kini BJtech siap luncurkan Balesin.id, admin otomatis untuk membuat proses jual-beli online menjadi lebih mudah.

“Penting sekali untuk stand-by melayani chat pelanggan karena di eCommerce pun, sebagian besar akan chat dulu untuk nanya-nanya, seperti memastikan stoknya ada, bisa dikirim ke daerah mana aja, dan lain-lain. Tantangannya muncul ketika banyak chat yang masuk di luar jam operasional, padahal tidak semua chat berujung pada pembelian, kan?” ujar co-founder ZAM Cosmetics Tania Ray Mina.

“Kami memang memiliki admin yang bertanggung jawab di masing-masing e-commerce dan chatting messenger, tapi pada kondisi tertentu misalnya demand-nya lagi banyak secara bersamaan, mereka bakal keteteran jawab ratusan chat dalam sehari,” tambahnya.

Didukung oleh teknologi kecerdasan buatan berbasis chatbot, Balesin.id memposisikan diri sebagai admin otomatis toko online yang siap menjawab pertanyaan pelanggan dengan tepat dan cepat. Setelah mendapatkan suntikan dana dari Stellar Kapital dan Global Digital International (GDI), BJtech melalui Balesin.id menawarkan alternatif baru untuk berjualan dan belanja online.

Penjual tidak perlu menjawab ratusan chat pelanggan satu per satu, sementara pembeli juga tidak khawatir karena pertanyaan mereka akan dijawab kapan pun, selama 24 jam.

Saat ini Balesin.id sudah terkoneksi dengan LINE Messenger, serta dalam tahap pengembangan untuk terkoneksi dengan WhatsApp Messenger dan bisa memiliki link sendiri.

“Perkembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence) di Indonesia berpotensi besar untuk membantu pelaku bisnis online Indonesia yang terbiasa berjualan lewat chatting. Semakin tinggi skala operasionalnya, tantangan yang dihadapi seller juga semakin besar untuk membalas chat pelanggan. Misalnya ada 200 chat yang masuk ke ponsel dalam sehari, berapa persen yang akhirnya beli? Dengan adanya admin otomatis BALESIN.ID berbasis chatbot ini, seller akan terbebas menjawab pertanyaan-pertanyaan repetitif dan bisa mengerjakan pekerjaan lain yang lebih efisien. Mereka akan memiliki lebih banyak waktu luang untuk menangani serious buyer, dan tentunya akan meningkatkan penjualan mereka,” kata CEO BJtech Diatce G. Harahap. 

Tidak hanya siap melayani setiap pertanyaan pelanggan secara otomatis, BALESIN.ID menyediakan mini-website yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menampilkan barang-barang dagangan mereka. Mini-website ini memudahkan pembeli untuk melihat-lihat produk beserta detailnya, kemudian melakukan pembelian tanpa keluar dari layar chatting.

Adapun fitur-fitur lainnya untuk mendukung proses jual-beli online menjadi lebih mudah, seperti kalkulasi biaya dan ongkos kirim otomatis, dashboard untuk memantau aktivitas penjualan toko online, hingga data analitik untuk mencapai penjualan yang maksimal. Untuk membuat pembeli lebih interaktif dan nyaman saat chatting, penjual bisa memilih sendiri gaya bahasa atau percakapan sesuai dengan bisnis online yang dijalankan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year