telkomsel halo

Kominfo gaet ASIoTI gelar IoT Makers Creation

05:00:33 | 28 Apr 2019
Kominfo gaet ASIoTI gelar IoT Makers Creation
Dirjen SDPPI Kominfo, Ismail (kanan) memberikan kaos Makers Creation sebagai tanda dimulainya roadshow IoT Makers Creation 10 kota di Indonesia kepada Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia, Teguh Prasetya (kiri)(dok)
MATARAM (IndoTelko) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Asosiasi IoT Indonesia (ASIoTI) menyelenggarakan IoT Makers Creation 2019, pencarian makers lokal di 10 kota, dimulai dari Kota Mataram.

Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo Ismail mengatakan industri TIK memiliki banyak elemen. Salah satu yang paling utama adalah infrastruktur, meliputi jaringan hingga perangkat. Elemen lainnya di atas jaringan ada aplikasi, dan diatasnya lagi ada konten.

”IoT merupakan gabungan antara jaringan dengan aplikasi dan mengubah komunikasi tidak lagi melibatkan orang, namun langsung antar perangkat. Semua benda saling terkoneksi melalui internet dan ini mengubah wajah dunia,” ujarnya saat pembukaan IoT Makers Creation di Mataram belum lama ini.

Di Mataram sebangai 65 tim mendaftar, sebanyak 30 tim lolos seleksi terdiri dari siswa SMK, mahasiswa, dosen, hingga karyawan. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Nusa Tenggara Barat, Tri Budi Prayitnomenambahkan pihaknya akan mendukung pendampingan para makers ini hingga menghasilkan solusi yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

IoT Goes to Market di selenggarakan di 10 kota, yaitu: Mataram, Bogor, Jakarta, Medan, Makassar, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Tangerang, dan Bandung. Setiap kota akan dipilih 25 – 30 tim untuk mengikuti hands on workshop selama satu hari. Pelatihan ini memberika modul kit IoT lengkap kepada para peserta. Mereka akan memperoleh pelatihan yang mengedepankan praktik dari pengenalan kompenen perangkat hingga mengkoneksikannya ke jaringan. Jaringan di setiap kota yang digunakan akan menyesuaikan dengan kesediaan jaringan yang telah teregulasi oleh Kominfo, antara lain Wi-Fi dan NB-IoT.

Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia Teguh Prasetya mengatakan IoT Makers Creation menjadi realisasi dari salah satu pilar yang melandasi terbentuknya asosiasi yang awalnya berangkat dari organisasinya.

”Kami sangat fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan Indonesia memerlukan banyak makers di bidang IoT. Perlu dukungan banyak pihak untuk merealisasikan program ini sehingga dari hands on workshop bisa masuk tahap inkubasi hingga keluar produk yang siap komersial,” ujarya.

Teguh menambahkan solusi IoT diperlukan untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih baik, sehingga solusi yang tepat guna dan bisa langsung diaplikasikan. Mencari solusi seperti ini bisa berangkat dari pengalaman hidup di sekitar, tidak perlu susah mencari idenya.

”Di Mataram ini kan habis kena gempa, bisa dibuatkan solusi IoT sensor gempa di setiap gedung atau monitoring kualitas dan ketersediaan air bersih di setiap wilayah pasca gempa,” ujarnya.

IoT Makers Creation selanjutnya akan dilaksanakan di Kota Bogor pada tanggal 30 April 2019. Segera dibuka pendaftaran untuk IoT Makers Creation di Kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Malang.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year